Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Pengertian Google Adsense Secara Lengkap

Menghasilkan uang melalui internet kini sudah menjadi jamannya, dengan adanya teknologi yang canggih akan membantu banyak orang untuk bisa mendapatkaan penghasilan dari internet. 

Salah satu penghasilan yang bisa didapatkan dari internet yaitu melalui google adsense. Bagi yang sudah terjun di dunia maya pastinya sudah tidak asing lagi mendengar istilah yang satu ini. Namun bagi anda yang masih awam tentu masih belum memahami secara detail mengenai apa itu google adsense.


pengertian google adsense



Pengertian Google Adsense

Google adsense merupakan salah satu program layanan iklan berbasi CPC (Cost Per Click) yang memungkinkan pemilik website untuk bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang di dalamnya. Google adsense menjadi salah satu program layanan iklan terbaik dari berbagai macam layanan iklan yang ada. Dimana program layanan iklan yang satu ini disediakan langsung dari google.

Semenjak kemunculan pertamanya, banyak para blogger yang menggunakan google adsense untuk memonetisasi blog miliknya. Hal itu terbukti dari banyaknya publisher yang sudah menggunakan google adsense. Layanan iklan yang satu ini benar-benar memberikan keuntungan bagi para penggunanya.

Layanan iklan yang satu ini menampilkan iklan pada website berupa text, gambar ataupun video. Hal itu menyesuaikan dengan minat para pengunjung yang mendatangi sebuah halaman web. Google adsense bekerja dengan memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, iklan yang muncul nantinya akan disesuaikan dengan tema konten yang dibuat oleh pengguna blog.

Seperti halnya topik atau tema blog anda berisikan tentang pendidikan, maka iklan yang ditampilkan pun akan menyesuaikan dengan tema blog anda. Hal itu tidak akan menyimpang dari tema konten. 

Iklan yang muncul juga tergantung dari kebutuhan para pengguna mesin pencari. Seperti halnya anda ingin mencari suatu produk tertentu. Nantinya akan tampil berbagai macam penyedia produk melalui iklan yang muncul di sebuah website. Dengan begitu, pengunjung akan lebih cepat menemukan apa yang sedang dicarinya.

Google adsense terbilang sebagai salah satu layanan iklan terbaik. Hal itu bisa dibuktikan dari penggunanya yang sangat banyak. Selain itu, google adsense juga terpercaya dan terbukti membayar kepada para penggunanya. Anda bisa menggunakannya untuk blog atau website, melalui iklan yang ditampilkan, anda akan mendapatkan penghasilan dari layanan iklan yang satu ini.


Sejarah Google Adsense

Google adsense memiliki sejarah yang cukup panjang, adsense muncul sejak tahun 2003 setelah google melakukan akusisi terhadap Pyra Labs melalui Chairman dan CEO Google yang mengumumkan layanan iklan terbarunya bernama adsense. Layanan iklan yang satu ini kemudian menyempurnakan setelah satu bulan dengan mengakusisi teknologi dari Applied Semantics untuk memaksimalkan kinerja dari Google Adsense supaya menjadi lebih baik.

Semenjak kemunculannya, layanan iklan yang satu ini tersedia hanya untuk Bahasa Inggris saja dan beberapa Bahasa yang ada di Eropa. Google adsense belum memunculkan untuk penggunaan Bahasa lainnya. Memasuki tahun 2012, layanan iklan yang satu ini baru diterapkan menggunakan bahasan Indonesia. 

Adsense sendiri saat ini digunakan untuk dua jenis akun bagi para publishernya, yakni adsense versi hosted untuk platform youtube dan versi non hosted untuk website. Anda bisa menggunakannya untuk keduanya sekaligus, baik itu untuk youtube ataupun blog. 


Cara Kerja Google Adsense

Google adsense memiliki cara kerja tersendiri dibandingkan dengan layanan iklan lainnya. Cara kerja yang dilakukan oleh layanan iklan yang satu ini adalah dengan membayar setiap ada tindakan klik pada iklan yang dikunjingi dalam sebuah website. Jika semakin banyak klik yang didapatkan, maka penghasilan yang bisa didapatkan akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, jika semakin minim jumlah klik maka semakin kecil nilainya.

Beberapa cara kerja yang dilakukan oleh google adsense yaitu sebagai berikut!

- Menyediakan Ruang Iklan

Kinerja dari google adsense yang pertama adalah menyediakan ruang iklan, biasanya iklan diletakan pada bagian header, artikel, footer, dan sidebar. Untuk pemasangan yang dilakukan cukup mudah, anda tinggal menempelkan kode iklan berupa script pada bagian yang diinginkan. Dengan begitu, iklan tersebut akan terpasang di dalam blog anda.

Iklan yang sudah ditempatkan nantinya akan dimunculkan sesuai dengan minat para pengunjung. Hal itu menyesuaikan dari tema konten yang ada pada website, dari layanan iklan google adsense sendiri akan menyesuaikan secara otomatis mengenai iklan yang akan ditampilkan.

- Iklan Yang Paling Mahal Akan Muncul

Sistem kinerja dari google adsense yang selanjutnya adalah iklan yang paling mahal akan ditampilkan. Dimana anda akan berpotensi mendapatkan penghasilan yang lebih besar terlebih dahulu baru kemudian iklan yang memiliki nilai harga yang murah. Biasnaya para pengiklan akan melakukan penawaran dengan harga yang paling tinggi agar bisa tampil pada ruang website milik anda.

- Mendapatkan Bayaran

Setelah iklan sudah dimunculkan pada ruang iklan yang sudah disediakan, maka anda akan mendapatkan bayaran dari hasil klik yang dilakukan oleh pengunjung. Perlu anda ketahui, bayaran dari sebuah blog ataupun website bukan berdasarkan jumlah pengunjung, melainkan jumlah klik yang ada pada iklan di website anda. Setiap klik juga memiliki nilai yang berbeda-beda tergantung dari jenis produk yang digunakan. 

Itulah cara kerja dari layanan iklan google adsense yang memiliki kinerja cukup efektif untuk menghasilkan pendapatan melalui iklan. 


Panduan Google Adsense

Bagi anda yang baru saja menggunakan google adsense pastinya masih bingung bagaimana cara mengoperasikannya. Hal itu akan membuat anda kurang efektif dalam menggunakan google adsense. Sebuah website juga tidak dapat diterima website bilamana melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh google. Bila hal ini terjadi, maka hal tersebut akan mempengaruhi website anda sendiri.

Penolakan yang terjadi tentu ada beberapa kesalahan yang anda lakukan pada website. Beberapa kesalahan yang sering terjadi seperti konten plagiat, tidak menerapkan SEO, dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu, anda harus melihat beberapa panduan google adsense seperti berikut!

- Klik dan Tayangan

Hal yang harus anda perhatikan adalah klik dan tayangan, dimana pendapatan google adsense dilihat dari hasil klik bukan dari hasil penayangan. Google adsense juga melarang tindakan klik sendiri karena itu bisa bersifat spam.

- Pedoman Konten

Konten yang dibuat juga harus sesuai dengan peraturan google. Anda harus menghindari beberapa konten yang negatif seperti pornografi, mengandung copyright, dan lain sebagainya.

- Implementasi Iklan

Dalam melakukan pemasangan iklan, pastikan anda memasangnya dengan benar dan tidak merugikan pengunjung hanya karena ingin mendapatkan klik.

- Penonaktifkan Akun Adsense

Jika anda tidak mematuhi peraturan dari google adsense, maka siap-siap untuk dinonaktifkan akun google adsense milik anda.

Sangat penting google adsense untuk memberikan penghasilan bagi anda yang memiliki website. Menggunakan google adsense menjadi salah satu pilihan yang paling efektif.

Posting Komentar untuk "Pengertian Google Adsense Secara Lengkap"