Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Indikator SEO Yang Harus Dipahami Para Blogger

SEO menjadi salah satu hal penting dalam dunia blogger yang harus anda kuasai. Ada banyak sekali teknik SEO di dalam sebuah blog, anda harus bisa memahaminya jika benar-benar ingin sukses di dunia blogger. Berbagai macam teknik SEO yang harus anda lakukan mulai dari pembuatan website, menulis konten, backlink, internal link, pemilihan template, dan masih banyak yang lainnya.

indikator seo yang harus dipahami

SEO merupakan suatu optimasi yang dilakukan untuk meningkatkan blog anda supaya berada di peringkat teratas. Dengan adanya SEO akan menjadikan blog anda mudah ditemukan melalui mesin pencari. Orang-orang yang akan mencari sebuah informasi nantinya menggunakan mesin pencari untuk menemukannya. Blog anda akan ditemukan bilamana sudah menerapkan standar SEO di dalamnya.

Dalam sebuah blog terdapat berbagai macam indikator SEO, berikut ini adalah beberapa indikator SEO yang harus dipahami oleh para blogger!


Struktur URL

Indikator SEO yang pertama aalah struktur URL yang anda gunakan pada blog anda. Struktur URL yang tepat adalah URL yang sederhana supaya memudahkan mesin pencari untuk menemukan website milik anda. Disini anda harus mengaturnya seefektif mungkin agar disukai oleh google.

Dalam membuat URL yang baik, anda bisa melakukannya lebih pendek dengan mencantumkan bagian terpentingnya saja. URL harus mengandung nama domain dan judulnya saja. Bila lebih, sebaiknya anda hapus beberapa URL yang kiranya terlalu panjang untuk dibaca. 

Contoh : https://www.alvinkannabi.com/judulkonten


Penggunaan SSL/TLS

Google sudah mulai mengutamakan website yang menggunakan SSL/TLS sejak tahun 2014 silam. Dimana website dengan SSL/TLS telah mengenkripsi semua transfer data yang terjadi pada website tersebut. Dengan menggunakan SSL/TLS ini akan membuat blog atau website anda lebih terjamin keamanannya.

Bukan itu saja, Google Chrome juga telah menandai website tanpa SSL/TLS yang merupakan not secure. Apabila domain yang anda miliki belum menggunakannya, maka anda bisa mengaktifkannya supaya lebih terjami keamanannya. Untuk bisa mengetahui apakah blog atau website milik anda sudah menggunakannya atau belum bisa mengenalinya dengan cara melihat alamat website di browser.

Seperti halnya HTTP berarti masih belum menggunakan SSL/TLS, jika sudah menggunakan SSL/TLS akan berubah menjadi HTTPS.


Topik Konten

Topik konten juga menjadi salah satu indikator penting yang harus anda pahami dengan baik untuk perkembangan blog anda. Dimana anda bisa memilih salah satu konten yang paling dikuasai atau berpotensi minim pesaing. Hal ini akan membuat anda lebih mudah naik peringkat karena pesaing yang harus anda takhlukan masih sangat minim. Berbagai macam topik konten yang bisa anda gunakan seperti kesehatan, travelling, teknologi, dan masih banyak yang lainya.

Untuk memilih topik konten sebaiknya anda foksu salah satu saja, hal ini akan membuat anda lebih efektif untuk menjalankannya. Seperti halnya anda akan membahas tentang hewan, maka anda bisa membuat konten tentang hewan. Bahkan akan lebih spesifik jika anda membahas tentang satu jenis hewan saja. Hal itu akan menjadikan anda lebih mudah untuk mengaturnya.

Dengan membahas konten yang saling berkaitan akan membuat website milik anda berkesempatan muncul di halaman pertama google. Website yang kontennya saling berkaitan antara satu sama lain akan mudah dikenali oleh mesin pencari. Hal itu tentu akan memberikan keuntungan bagi diri anda sendiri pastinya.

Baca juga :  10 Manfaat Menerapkan Teknik SEO Untuk Web Bisnis Anda


Search Intent

Search Intent juga menjadi salah satu indikator SEO yang cukup penting, dimana dengan menerapkan hal ini akan membuat konten anda mudah ditemukan oleh pengunjung. Search Intent merupakan apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu yang dicari oleh pengunjung. 

Ketika para pengunjung membutuhkan sebuah informasi, pastinya mereka akan menuliskan kata kuncinya saja melalui kolom pencarian. Supaya bisa menuju ke website anda, maka anda harus menempatkan kata kunci dalam konten yang dibuatnya. Hal ini akan berpotensi untuk ditemukan oleh pembaca nantinya.

Seperti halnya pengunjung akan mencari informasi dengan kata kunci “kelinci” maka seputar informasi mengenai kelinci akan anda temukan dengan mudah. Hasil yang dicarinya juga akan sangat tepat sesuai dengan apa yang anda cari. Disinilah peran keyword yang sangat penting untuk blog anda agar bisa diketahui melalui mesin pencari.


Struktur Konten

Konten yang mudah dipahami oleh pembacanya tentu akan membuat mereka senang untuk terus berada di dalamnya. Banyak para pembaca yang hanya membaca poin intinya saja dan tidak membaca secara keseluruhan. Hal tersebut tentu akan kurang efektif karena pengunjung tidak membaca secara keseluruhan.

Berikan kemudahan kepada pembaca agar bisa menemukan yang dicarinya di dalam konten yang dibuat. Anda harus membuatnya dengan struktur yang jelas dan juga rapi, anda bisa menggunakan menu yang ada di dalam blog saat menulis konten. Beberapa diantaranya seperti heading dan sobheading untuk poin-poin penting yang dituliskan dalam sebuah konten. 

Jangan lupa juga untuk menambahkan gambar supaya tampilan konten terkesan lebih menarik. Dengan begitu, konten blog anda akan lebih efektif karena dibuat dengan struktur yang jelas dan rapi.


Meta Tags

Terdapt dua macam meta tags yang dapat diterapkan dalam blog yaitu title tag dan meta description. Dengan ini akan berfungsi untuk memahami keseluruhan konten di sebuah halaman website. Title tag merupakan judul artikel yang muncul di halaman pencarian. Untuk judul sendiri dibbuat tidak terlalu panjang sesuai dengan standar ketentuan yang berlaku.

Meta description merupakan teks yang merangkum konten di hasil pencarian anda. Teks ini bisa anda buat sesuai keinginan anda untuk menarik pembaca agar mengeklik konten yang ada pada halaman website. Letaknya berada di bawah judul dan URL artikel, untuk jumlah karakternya kurang lebih 120 – 130 karakter.


Backlink

Salah satu faktor penting dalam SEO yang harus anda lakukan untuk meningkatkan website anda adalah backlink. Semakin banyak backlink yang diterapkan maka semakin besar kesempatan blog anda untuk mengalami kenaikan peringkat. Dimana blog atau website milik anda akan semakin berpotensi berada di halaman pertama.

Biasanya untuk melakukan backlink akan dikenakan biaya sesuai dengan hasil yang didapatkan. Jika ingin mendapatkan hasil yang baik, maka anda harus mencari website atau blog yang memiliki kualitas unggul.

Baca juga : 8 Teknik SEO Terbaru Untuk Blog


Kecepatan Website

Pengunjung seringkali mengalami permasalahan saat kecepatan loading dari sebuah website sangat lambat. Hal itu akan membuatnya kesal dan tidak akan mengunjunginya kembali. Kecepatan website sangatlah penting untuk diterapkan dalam sebuah blog ataupun website. Sebuah website yang memiliki kecepatan baik akan sangat membantu para pengunjung menemukan informasi secara cepat.

Maka dari itu, anda harus memilih server yang tepat dan memiliki kinerja yang baik agar blog anda bisa berjalan secara efektif. Semakin cepat semakin besar kemungkinan website anda mengalami peningkatan. 

Sangat penting bagi anda untuk menerapkan indikator SEO supaya blog atau website anda bisa berkembang dengan baik.


Posting Komentar untuk " Indikator SEO Yang Harus Dipahami Para Blogger"