Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Perkembangan Teknologi Dari Masa Ke Masa

Teknologi merupakan suatu alat yang digunakan untuk memudahkan kebutuhan mansuia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Dengan adanya teknologi juga akan lebih mempercepat apa yang dikerjakan oleh manusia. Perkembangan teknologinya dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan, siapa saja dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.



Teknlogi juga diterapkan di berbagai bidang seperti kesehatan, kemiliteran, pendidikan, dan masih banyak bidang lainnya. Perkembangannya yang begitu pesat menjadikan tenologi dapat digunakan dengan mudah. Bagi anda yang membutuhkan teknologi saat ini tidak perlu khawatir, ada banyak sekali teknologi yang bisa anda gunakan. Berapa diantaranya seperti smartphone, komputer, motor, mobil dan lain sebagainya.

5 Fase Kemajuan Teknologi Dari Masa ke Masa


Perkembangan teknologi dari masa ke masa seperti halnya kehidupan manusia yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Manusia akan tumbuh mulai dari bayi hingga dewasa, seperti halnya sebuah teknologi yang kini sudah menginjakan umur kedewasaannya. 

Perkembangan teknologi terbagi menjadi 5 fase, yakni sebagai berikut!

1.  Fase I – Surfacing


Fase yang pertama dimulai dari tahun 1950 hingga 1995, dimana pada fase ini diperkenalkanlah sebuah teknologi dengan cara yang paling sederhana. Manusia sama sekali belum memahami apa itu teknologi. Disini manusia baru saja memulai perkenalan terhadap fase pertama.

Pada era 1980 an baru dimunculkannya sebuah personal komputer yang dapat membuat manusia mulai meraba bahwa fungsinya memiliki sangat penting. Ketika sudah memasuki tahun 1980 an, internet sudah mulai dimunculkan dan dimanfaatkan akses internet untuk mengakses lebih banyak informasi. 

2.  Fase II – Organizing


Pada fase yang kedua adalah organizing. Di fase ini dimulai dari tahun 1990 – 2015, dimana fasie ini menjadi pengakses teknologi yang dapat mengatur informasi dari internet dan dapat membuatnya bisa diakses secara global dan dapat digunakan secara universel.

Pada fase ini juga mulai munculnya sebuah smartphone yang menawarkan akses lebih cepat dan mudah untuk menjalankan berbagai aktivitas yang diperlukan. Seperti yang anda ketahui sendiri, smartphone menjadi salah satu teknologi yang paling banyak dan hampir dimiliki oleh setiap manusia yang ada di dunia ini. Teknologi yang satu ini benar-benar memiliki fungsi yang sangat baik untuk dimanfaatkan oleh manusia.

3.  Fase III – Extracing


Fase yang ketiga adalah extracting. Pada fase ini dimulai pada tahun 2010 – 2025, dimana fase ini terjadi perbedaan yang cukup siginifikan perkembangannya setelah fase yang pertama dan kedua. Fase extracting berperan penting dalam proses penggabungan teknologi manusia.

“era ini mempresentasikan pendewasaan situs web. Mesin pencari menjadi lebih pintar, peneterasi smartphone semakin meluas, konektivitas menjadi lebih lancar dan unggul di wilayah yang ada di dunia” 

Adanya fase extracting ini sudah mulai merasakan teknologi yang lebih mudah dalam penggunaannnya. Perkembangannya yang semakin canggih menjadikan manusia lebih dimudahkan dengan manfaat yang diberikan. 

Selain itu, pada fase ini juga terjadi perkembangan machine learning yang dramatis. Manusia tidak hanya dapat mengatur akses informasi saja melainkan terbiasa dengan perangkat pintar, yakni Internet of Things, kecerdasab buatan, dan asisten virtual.

4.  Fase IV – Anticipating


Setelah fase extracting, manusia mengalami perkembangan teknologi ke masa anticipating. Pada masa ini terjadi pada tahun 2020 – 2035, yakni tahun dimana yang sedang kita rasakan. Pada fase ini, kecerdasan buatan dan deep learning dapat menjadi lebih baik. Perkembangannya pun sudah menjadi lebih cepat dan juga lebih modern.

Teknologi semakin pintar dan mulai mengerti apa yang diinginkan oleh manusia. Berbeda dengan sebelumnya, teknologi masih memerlukan waktu yang lama untuk merespon keinginan manusia, namun di masa ini teknologi sudah lebih efektif menjadi lebih cepat dan akurat dalam menjalankan tugas yang diperintahkan oleh manusia.

Asisten virtual, chatbots akan lebih mengambil peran yang lebih penting dalam fase ini. Pengakses teknologi disini akan mengantisipasi dampak yang terjadi, mereka harus terbiasa dengan penggunaan asistenn virtual dan chatbots. Pada fase ini benar-benar menjadikan manusia lebih mudah dalam menggunakan teknologi yang sudah ada di dalamnya.

5.  Fase V – Elevating


Memaski fase elevating, dimana fase ini diperkirakan bakal terjadi pada tahun 2030 – 2050. Fase ini diklaim sebagai fase akhir antara teknologi dan manusia yang digabungkan menjadi satu. Pada fase ini akan mengubah kehidupan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Terdapat perbedaan yang semakin meluas di fase yang terakhir ini.

Kecerdasan buatan yang ada pada teknologi akan menyerupai manusia yang bekerja dengan otak. Akan ada banyak sekali penemuan-penemuan yang bakal ditemukan di fase elevating. Khususnya dalam kecerdasan buatan yang ada pada teknologi di jaman sekarang ini. 

Bahkan teknologi akan mudah dengan menyatu dengan jiwa manusia, seperti halnya manusia dapat mengunggah pikirannya ke dalalm cloud dan berbagai kecerdasan buatan lainnya. Akan terjadi perubahan yang sangat cepat dalam perkembangan teknologi di fase yang satu ini. 

Perkembangan teknologi dari fase pertama hingga terakhir akan menjadikan pembelajaran bagi setiap orang dalam menggunakan teknologi. Sangat penting bagi manusia untuk memahami perkembangan teknologi dari masa ke masa agar dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perkembangan teknologi dari masa ke masa. Teknologi sangat penting bagi kehidupan manusia, dari tahun ke tahun teknologi akan mengalami perkembangan yang semakin canggih. Anda harus bisa menerapkan teknologi dengan baik dan jangan sampai salah menggunakannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Dari Masa Ke Masa"