Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

5 Tools Penting Untuk Meningkatkan SEO Blog Di Mesin Pencari

Berbicara mengenai tools yang banyak dipakai para blogger dalam mengoptimasi blog mereka memang sangatlah banyak, hanya saja dalam penerapannya sendiri, penggunaan tools seo ini mungkin cukup riskan kalau tidak di pahami dengan benar. Terlebih lagi tools seo yang berhubungan dengan meningkatkan jumlah visitor blog secara otomatis atau dikenal dengan nama "Jinggling". Nah pada artikel ini kami tidak akan membahas tools-tools blogger yang kategorinya ilegal atau untuk meningkatkan trafik dalam waktu yang singkat, kami hanya akan membagikan informasi mengenai tools yang sudah umum dipakai para blogger untuk mengembangkan situs blog di mesin pencari Google. Mungkin beberapa tools yang kami bicarakan di artikel ini sebagian sudah anda kenali, jauh lebih lengkap akan kami bahas secara mendetail di bawah ini. 


tools-meningkatkan-seo-blog


Tools Penting Untuk Meningkatkan SEO Blog di Mesin Pencari

Penggunaan tools sebenarnya sudah ada sejak dulu, banyak blogger yang memakai tools baik dari google maupun pihak ketiga untuk mendapatkan posisi terbaik di halaman pencarian. Hanya saja tidak sedikit yang gagal karena salah dalam penggunaan atau terlalu berlebihan, perlu di ingat kalau sesuatu yang berlebihan bisa mengakibatkan kerugian pada diri sendiri. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan tools blogger secara bijak dan tetap pakai yang resmi atau memang dianjurkan untuk pengembangkan blog. Coba lihat daftarnya dibawah ini. 

1.  Google webmaster

google-webmaster

Tools satu ini merupakan tools yang banyak dipakai oleh blogger untuk memverifikasi kepemilikan blog dan mendaftarkan blog ke serp engine. Setiap blogger yang baru saja membangun blog atau web baru, wajib mendaftarkan blog mereka ke google webmaster. Tujuan dari penggunaannya jelas memberitahu google bahwa anda baru saja menciptakan blog baru dan memberikan sinyal agar blog mudah terindeks secepatnya. Google webmaster ini sudah lama ada dan memang secara gratis diberikan oleh google kepada webmaster. Jadi, manfaatkan tools ini sebaik mungkin untuk mengembangkan blog / website pribadi anda. Ada banyak sekali fitur yang bisa anda dapatkan dari google webmaster seperti fitur fatch url, fitur performance, sitemap dan masih banyak lagi lainnya. 

2.  Google analytic / Google analisis

google-analytics

Berikutnya tools yang tidak kalah penting dan gratis untuk digunakan dalam meningkatkan seo blog adalah google analisis. Tool ini juga diberikan google secara gratis kepada setiap pengembang web demi memaksimalkan ranking dan memperbaiki perfomance situs mereka. Tidak mengherankan kalau fitur yang disajikan dari google analisis sangatlah lengkap, mulai dari analisa jenis artikel yang banyak dikunjungi, demografi visitor hingga perfoma blog di mesin pencari. Semuanya bisa anda dapatkan secara lengkap laporannya di google analisis, bahkan setiap bulannya google akan mengirimkan email berupa laporan perfoma blog anda. 

3.  Google keyword planner

google-keyword-planner

Meskipun bukan salah satu tools yang berdiri sendiri, keyword planner sering di artikan sebagai tools gratisan yang bisa dipakai para pengembang web secara bebas. Sebenarnya tools ini banyak dipakai para pengiklan atau google adword untuk mencari kata kunci yang tepat. Kata kunci yang berhubungan dengan produk dan layanan jasa masing-masing pengiklan. Namun anda bisa dengan bebas menggunakan tools ini untuk mencari tahu perfomance kata kunci dari volume yang disajikan, sehingga anda bisa melakukan mixing keyword guna bahan pembuatan artikel seo. Menarik bukan ? 


4.  Google pagespeed

google-pagespeed

Berikutnya yang tidak kalah penting untuk anda ketahui sebuah tools blog yang benar-benar bisa memperbaiki perfoma situs anda di mesin pencari adalah google pagespeed yang biasa dipakai para blogger untuk mencari tahu kecepatan lama blog ketika dikses dengan dekstop dan mobile. Perfoma dari blog anda akan terlihat jelas dan dari sana anda bisa melakukan perbaikan jika terjadi error atau perfoma blog menurun. Biasanya blogger akan memakai tools ini untuk mengecek kecepatan template atau tema blog mereka, secara pasti tool ini bekerja sesuai dengan kondisi blog yang sebenarnya, jadi tidak ada rekayasa kecepatan loading laman blog. 

5.  Google Mobile Friendly

google-mobile-friendly

Tools terakhir yang bisa dipakai untuk meningkatkan seo blog adalah tools mobile friendly yang dipakai para blogger untuk meningkatkan kecepatan blog dan mengetes apakah template / tema yang dipakai benar-benar sudah support versi mobile atau belum. Ini berguna sekali bagi anda yang ingin membeli template, sehingga bisa langsung melakukan pengetesan struktur data html yang ada dan memperbaiki error jika ditemukan. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai tools penting yang dapat kami bagikan kepada anda untuk meningkatkan seo blog secara optimal. Semoga tips kali ini berguna untuk anda yang sedang dalam tahap pengembangan blog. Terimakasih. 

Posting Komentar untuk "5 Tools Penting Untuk Meningkatkan SEO Blog Di Mesin Pencari"