Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Pengertian, Fungsi, Macam-Macam, dan Tipe Fiber Optik

Apa itu Fiber Optik ? Secara umum banyak orang mengenal fiber optik sebagai serat kabel dengan bentuk yang lebih halus dan tentunya lebih tipis dari jenis kabel fiber pada umumnya. Biasanya penggunaan fiber optik ini untuk berbagai keperluan seperti media transmisi dan keperluan lain yang berhubungan dengan internet / telekomunikasi ataupun digital enginering. Kelebihan dari penggunaan fiber optik ini lebih mudah untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain dalam waktu yang terbilang sangat cepat, bahkan berkali-kali lipat kecepatannya dibandingkan jenis transmisi lainnya. 

pengertian-fiber-optik

Ukurannya yang sangat kecil dan bentuknya halus, ini memiliki diameter sekitar 120 mikrometer yang bahkan jauh lebih tipis dan halus dibandingkan satu helai rambut manusia. Hal ini yang membuat komponen dari fiber optik mampu menyalurkan transmisi yang tinggi dalam hal pembiasan cahaya yang merupakan bagian dari prinsip kerjanya. Sumber cahaya yang biasa dipakai dalam transmisi adalah LED. 

Secara fungsinya, fiber optik ini merupakan serat kabel yang populer digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia khususnya perusahaan telekomunikasi karena kecepatan akses yang tinggi dan banyak dipakai untuk saluran komunikasi, tidak mengherankan kalau sampai hari ini fiber optik semakin populer dan dikembangkan lebih modern lagi. 

Macam-macam Fiber Optik Secara Lengkap


Setelah anda memahami istilah sederhana dari fiber optik, maka berikutnya kita akan masuk ke jenis atau macam-macam kabel fiber optik yang mungkin cukup membuat anda penasaran. Langsung saja simak dibawah ini. 

1. Jenis fiber optik single mode

Kabel fiber optik yang satu ini adalah kabel jaringan yang transmisinya tunggal dan bisa menyebarkan cahaya hanya dengan satu ini dalam satu waktu saja. Biasanya jenis kabel fiber yang satu ini memiiki ukuran yang kecil dengan diameter sekitar 9 mikrometer yang bisa mentransmisikan gelombang cahaya hingga 1300 – 1550 nanometer. 

2. Jenis fiber optik multimode

Berikutnya jenis fiber optik lain yang perlu anda ketahui adalah fiber optik dengan diamater sekitar 625 mikrometer dan mampu mentransmisikan cahaya dalam waktu yang bersamaan.  Biasanya jenis kabel yang satu ini banyak dipakai untuk keperluan komersil dan diakses banyak orang, fiber optik jenis ini mampu mengirimkan sinar inframerah yang memiliki panjang hingga 1300 nano meter. 

Tipe Fiber Optik Yang Paling Umum

Berikut ini adalah beberapa tipe kabel fiber yang paling umum banyak dipakai
  1. Tipe kabel fiber optik Armored cable
  2. Tipe kabel fiber optik simplex cable
  3. Tipe kabel fiber optik zipcord cable
  4. Tipe kabel fiber optik Hybrid & Composite cable
  5. Tipe kabel fiber Aerial cable 
  6. Tipe Breakout Cable ( Indoor / outdoor )
  7. Tipe Tight Buffer ( Indoor / Outdoor )


Variabe Kabel Fiberl
Single-Mode Type
Multi-Mode Type
Diameter core
5-10 mikrometer
50, 62.5 dan 100 mikrometer
Tipe cahaya
Laser infrared
LED
Volume pancaran cahaya
Satu
Beberapa
Macam pancaran cahaya
1319 dan 1510 Nanometer
850 dan 1300 nanometer

Jarak pancaran
30-100 kilometer
500 meter - 2 Kilometer
Bandwidth
Up to 10 Gbps
Up to 1Gbps
Biaya
Lebih mahal
Lebih murah

Fungsi Penting Fiber Optik / Serat Optik


Dalam penggunaanya sendiri kabel fiber memiliki banyak fungsi yang jelas menguntungkan untuk kita saat ini, hanya saja mungkin anda belum pernah mengetahui fungsi dari kabel fivber secara lengkap. Secara umum, komponen dari kabel fiber ini sama dengan kabel lain yang kita kenal saat ini. Hanya saja yang menjadi pembedanya adalah kemampuannya dalam transfer data dan tidak mudah mengalami gangguan seperti elektromagnetik yang banyak dialami kabel berarus listrik. Proses pemasangan kabel fiber optik ini juga tidak bisa sembarangan, mereka yang sudah ahli dalam pemasangan kabel fiber lebih paham standar instalisasi yang benar. Perusahaan yang begerak dibidang telekomunikasi jelas akan lebih memilih menggunakan kabel fiber optik dengan berbagai kelebihan yang ada. 

Komponen Penting dari Kabel Fiber Optik

Meskipun memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis kabel lainnya, namun komponen pada kabel fiber ini memiliki banyak sekali istilah yang mungkin terdengar asing bagi anda. Berikut ini adalah beberapa komponen kabel fiber yang hanya bisa dilihat dengan pembesaran. 

1.  Komponen inti ( core )


Terbuat dari bahan kaca dengan diameter yang kecil sekitar 2 nanometer – 5 nanometer. 

2.  Bagian Cladding 


Komponen ini merupakan bagian pelindung yang menyelimuti serat, biasanya berukuran kurang lebih 250 nanometer. Terbuat dari bahan silikon. 

3.  Bagian coating


Terbuat dari bahan plastik elastis, berfungsi untuk pelindung dari semua gangguan fisik. 

4.  Bagian member / outer jacket


Pelindung luar atau utama dari fiber optik. 

Nah itulah pengertian lengkap mengenai kabel fiber optik. Terimakasih. 

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Macam-Macam, dan Tipe Fiber Optik"