Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster

Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengenal mengenai google webmaster yang merupakan tools dari google untuk pengembang web atau blog di internet. Google webmaster biasa diartikan sebagai tools yang wajib di pahami dan dikuasai para pengembang web karena ini merupakan tools dasar yang banyak dipakai kalangan blogger untuk memaksimalkan situs mereka di mesin pencari.  Jika kita lihat dari sisi seo, penggunaan tools webmaster ini termasuk dalam kategori seo offpage yang artinya mengoptimasi perfomance sebuah situs di internet secara kompleks, Baik dari tampilan situs itu sendiri, konten artikel yang disajikan hingga ranking di mesin pencari. Jadi bukan hal rahasia lagi kalau banyak blogger diluar sana menggunakan tools ini untuk mengoptimasi situs website mereka. Mari kita bahas secara dalam untuk mengenal dekat tentang google webmaster hingga cara submit sitemap untuk blog anda. Tentu ini menjadi pembahasan yang panjang, karena kami ingin anda benar-benar memahami tools ini secara lengkap dan bukan sekedar pembahasan kecil saja.

submit-sitemap-ke-google-webmaster-console


Apa itu Google webmaster dan fungsinya untuk blog

Google webmaster seringkali diartikan oleh kalangan blogger sebagai alat bantu yang memberikan kemudahan kepada setiap pengembang web untuk mendapatkan kemudahan dalam meningkatkan ranking di mesin pencari. Hal ini terlihat dari penggunaan fitur yang disediakan seperti fitur inser utl, fitur sitemap yang kita bahas, fitur remove url, fitur perfomance dan masih banyak lagi yang lainnya. Secara umum, tools ini diberikan gratis oleh google untuk para pengembang web karena google juga peduli dengan anda sebagai seorang bloggger dan ingin blog atau website lebih mudah terindeks serta terdaftar resmi di google serp. Inilah kenapa google tools juga disebut sebagai tools dasar yang banyak dipakai pakar seo setelah membangun blog dari awal. Anda bisa menggunakannya secara bebas, bahkan bisa melakukan submit berkali-kali meskipun menggunakan akun gmail yang sama. 


Pengertian lain dari istilah google webmaster ini seringkali disebut sebagai tools gratis berupa digital tools yang memberi kemudahan kepada setiap blogger untuk memantau mengetahui apa yang sedang terjadi pada situs mereka, jadi boleh di bilang kalau kemudahan seperti ini bisa membantu anda mengenalisa dan memperbaiki struktur blog atau website yang error atau rusak. 

Apa manfaat dari google webmaster untuk pengembang web ?

Adapun manfaat yang diberikan oleh google webmaster untuk mereka para blogger jelas sangatlah banyak, kalau anda hanya tahu sebagai tools dasar dan tempat pertama kali melakukan verifikasi domain, silahkan simak beberapa manfaat yang akan didapatkan kalau anda mendaftarkan blog ke google webmaster yang secara umum banyak dipakai para master blogger untuk memaksimalkan seo di blog baru.

  1. Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan google webmaster ini akan mudah sekali unutk meningkatkan page rank situs yang lebih signifikan dibandingkan melakukan optimasi manual tanpa penggunaan tools. Selain itu juga, dengan adanya tools ini bisa membantu anda melakukan penyempurnaan HTML google dan penghapusan link-link yang dirasa sudah tidak penting atau memang sengaja anda hapus. Jadi, situs akan bersih dari berbagai link rusak atau broken. 
  2. Google webmaster juga akan membantu anda melakukan evaluasi atau kinerja dari situs yang anda kelola sampai hari ini. Jadi anda bisa mendapatkan laporan rutin via email terkiat dengan perfoma situs anda selama ini. Tidak menutup kemungkinan dengan adanya laporan rutin seperti ini akan membuat kinerja blog semakin optimal. 
  3. Google webmaster juga akan melakukan monitoring situs secara harian untuk mengidentifikasi adanya malwere dan segala bentuk virus yang berbahaya untuk situs blog anda, jadi situs blog lebih terproteksi dan berpeluang selalu bersih dari ancaman virus berbahaya. 
  4. Anda juga akan lebih mudah melakukan konfigurasi atau setting-setting tampilan maupun struktur lain pada halaman website anda. Jadikan ini sebagai kemudahan bagi anda mengurus dan mengembangkan blog di mesin pencari. 

Dari sekian informasi yang sudah kami sampaikan, sekarang anda sudah memahami seperti apa itu google webmaster dan manfaatnya untuk perkembangan situs. Mari kita lanjutkan ke setting sitemap atau peta situs yang berguna untuk memberikan sinyal kepada mesin pencari untuk merayapi seluruh postingan konten blog dan page anda. 

Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster

  1. Langkah pertama silahkan masuk ke google webmaster dasboard dengan akun Gmail anda.
  2. Silahkan klik pada menu Overview dan pilih menu SITEMAP.
  3. Selanjutnya pada kolom "Add a New Sitemap" bisa anda isi dengan URL blog plus sitemap.xml. Contoh "www.bloganda.com/sitemap.xml" tanpa tanda petik.
  4. Klik SUBMIT dan tunggu sampai proses selesai.
  5. Biasanya ini memakan waktu 24 jam.
Sampai disini proses submit sitemap sudah selesai. 

Posting Komentar untuk "Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster"