Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Cara Membuat Short URL Sendiri

Sebagian besar orang tentu sudah mengenal apa itu short url atau mungkin lebih mudah kalau disebut dengan tautan link / link pendek / short link dan penamaan lain yang secara umum mengarah ke halaman address yang selalu kita gunakan di internet. Menggunakan short url ini sendiri berfungsi untuk berbagai kebutuhan yang secara umum banyak dipakai kalangan blogger maupun seorang marketing dalam memasarkan produk atau layanan jasa secara masal di sosial media. Penggunaan short link juga diyakini lebih mudah dan praktis karena anda hanya menyebar short link atau tautan pendek yang bisa dipakai banyak orang dalam sekali waktu. Istilah link pendek yang sudah biasa kita kenal ini jelas tidak asing bagi seorang blogger, hanya saja ini merupakan hal baru untuk mereka yang bukan blogger. Short link ini juga dikenal sebagai simple url yang memudahkan setiap penggunanya untuk menyebarluaskan link kepada banyak orang dengan tujuan mudah di ingat dan mudah digunakan. Jangan sampai tertukar dengan istilah lain yang dikenal dengan Safelink yang akan kita bahas setelah ini. 
cara-membuat-short-url-sendiri


Mengenal Istilah Short Link di Kalangan Blogger

Short link ini merupakan layanan yang digunakan banyak pelaku bisnis di internet baik itu blogger maupun web developer untuk mempermudah dalam menjangkau banyak orang dalam sekali waktu, biasanya link berupa form atau pendaftaran cukup panjang sehingga tidak efisien jika disebarluaskan baik lewat email, whatsapp maupun sosial media. Penggunaan short link lebih dirasa ringkas dan efektif untuk mempermudah calon cust mendapatkan tanggapan yang cepat. Biasanya penggunaan short link ini untuk beberapa tujuan seperti promosi situs website, mencari pelanggan via online, untuk program periklanan dan masih banyak lagi yang lainnya. Sederhananya, untuk membuat sebuah short link dari situs website ini juga membutuhkan pihak ketiga yang sudah pasti biasanya situs yang menyediakan layanan short link gratis maupun berbayar. Mungkin anda sudah mengenal beberapa diantaranya dan kalau tidak salah ada yang gratis dipakai berulang-ulang, akan kita bahas secara detail di artikel ini. 


Proses Converter Link Asli / Link Panjang ke Short Link Secara Sederhana

Bagi anda yang masih belum tahu seperti apa proses converter dari Long link ke short link, secara sederhana akan kami gambarkan seperti dibawah ini.  Satu hal yang perlu anda ketahui dalam mengenal istilah short link, pertama tidak ada tujuan link yanag berbeda, semuanya tetap sama seperti link utama atau link asli. Kedua, nama short link jelas pasti berbeda dengan nama link utama yang anda gunakan. 

  • Link asli contohnya : http://www.alvinkannabi.com/cara-buat/
  • Kemudian anda memilih salah satu website yang akan dipakai dalam pembuatan short link, kami berikan contoh dengan menggunakan situs website penyedia short link seperti bit.ly. 
  • Maka setelah anda menggunakan bit.ly dan kemudian mengconverter link panjang yang ada diatas, akan berubah menjadi link pendek “ bit.ly/1iuuq “. Nah itulah yang dimaksud dengan short link, dengan link yang pendek seperti ini, anda akan lebih mudah dan praktis menyebarnya lewat berbagai platform seperti sosial media dan lain sebagainya. 
  • Ketika link tersebut di klik, memang tidak langsung masuk ke link utama, ada beberapa jeda sekitar 1 detik karena proses pengalihan yang normal. 

Keuntungan Menggunakan Short Link

Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa keuntungan dari penggunaan short link ini sendiri, silahkan simak bacaanya dibawah ini. Jelas sekali kalau short link memiliki banyak manfaat untuk mereka yang membutuhkan cara praktis dalam banyak hal. 

  1. Short link lebih terlihat simple dan mudah digunakan
  2. Short link dapat memberikan penghasilan tambahan
  3. Short link akan memudahkan pengguna mengingat URL
  4. Short link akan membuat URL menjadi lebih pendek dan praktis


Bagaimana cara membuat short link sendiri dan gratis ?

Anda bisa menggunakan beberapa referensi situs website yang menyediakan pembuatan short link secara gratis. Beberapa situs yang menyediakan short link paling terkenal seperti bit.ly dan adf. Hanya saja dalam penggunaan jumlah banyak tentu berbayar, nah kalau mau yang gratisan permanen dan siap digunakan kapapun. Ini adalah referensi situs short link terbaik dan tentunya gratis untuk anda. 
  1. Situs short link ( Goo.gl )
  2. Situs short link ( Tinyurl.com )
  3. Situs short link ( Ow.iy )
  4. Situs short link ( cli.gs )
  5. Situs short link ( is.gd )
  6. Situs short link ( snipurl.com )
  7. Situs short link ( adjix.com )

Nah itulah informasi mengenai cara membuat short link sendiri lengkap dengan penjelasan penting lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Short URL Sendiri"