Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

5 Cara Memaksimalkan Blog Agar Lebih SEO

Setiap blogger diluar sana selalu memiliki impian agar blog yang baru mereka bangun bisa seo friendly dan mudah mendapatkan posisi terbaik di serp engine. Hal ini berlaku juga untuk anda yang sudah lama ngeblog namun peringkatnya sampai detik ini belum maksimal. Persaingan di dunia blogging saat ini bisa dikatakan sangat ketat dan sulit untuk mendapatkan posisi rank 1, pasalnya banyak sekali blog dan website dengan sumber daya besar yang sudah menempati posisi teratas. Bahkan bisa dikatakan kalau bisnis blog sekarang mulai menurun karena hampir 80% dikuasai situs besar, contoh saja untuk beberapa situs besar seperti Tribun, Kompas, CNN dan lain sebagainya, hampir semua membabat habis keyword dan topik blog saat ini.  Jadi, kalau anda membuat blog dengan tujuan awal mendatangkan uang, maka hilangkan niat tersebut dan buatlah blog berdasarkan hobi terlebih dahulu. Mengapa demikian ?  Karena banyak blogger diluar sana yang lebih memiliki vakum karena sama sekali tidak menghasilkan. Bukan maksud kami menurunkan semangat anda, hanya saja kami ingin memberikan pendapat kalau ngeblog bukan sekedar sebagai bisnis saja, tetapi coba alihkan ke hobi atau kesenangan yang bisa membawa anda tetap semangat menulis dan mengoptimasi situs anda dengan optimal. Dengan begitu, penghasilan bisa mengalir sendiri tanpa harus anda cari. 

memaksimalkan-blog-lebih-seo

Cara Memaksimalkan SEO Blog Masa Kini


1.  Update artikel seo berkualitas


Hal pertama yang wajib anda lakukan untuk membuat blog terlihat lebih seo adalah rutin update konten artikel. Boleh dikatakan kalau artikel ini merupakan aset penting dari sebuah blog yang secara umum bisa mendrongkrak posisi di serp engine dengan mudahnya. Jadi, kalau anda ingin blog terlihat lebih seo dan berkualitas, konten menjadi hal pertama yang harus anda kuatkan disini. Buatlah konten artikel dengan pedoman dan struktur yang jelas, terlebih lagi jangan melakukan tindakan seperti “ copas “ yang hanya akan membuat blog menurun. 


2.  Bangun backlink berkualitas


Cara kedua untuk membuat blog terlihat lebih seo adalah dengan membangun sebuah backlink. Bisa dikatakan kalau backlink ini sangat berperan untuk meningkatkan ranking blog di mesin pencari. Tautan balik dari situs besar bisa memberikan sinyal kepada crawl google untuk merayapi link artikel yang anda buat, sehingga kesempatan untuk masuk rank 1 google sangatlah tinggi. Anda bisa membangun backlink dengan berbagai cara seperti contohnya guest blogging, menulis artikel di blog lain, share di forum dan menggunakan PBN ( privat Blog network ). Ketiga cara ini masih dipakai blogger sampai detik ini, meskipun backlink yang didapatkan tidak banyak, setidaknya berkualitas. 

3.  Perhatikan struktur tampilan blog


Berikutnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan dengan baik adalah struktur tampilan blog anda. Semakin bagus tampilannya maka semakin seo di mata google. Apa yang mempengaruhi seo tidaknya tampilan blog anda ? Pertama adalah responsitivitas blog, kecepatan blog di serp engine, fitur menu yang ditampilkan, kecepatan laman blog dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini penting sekali untuk anda perhatikan, karena saat ini google sedang mengevaluasi blog yang terbilang berat di serp, besar kemungkinan posisinya turun kapan saja.Jadi, perhatikan dengan baik kalau ngeblog bukan sekedar mencari uang saja. Tampilan blog juga sangat penting untuk anda perhatikan. 

4.  Kredibilitas blog


Berikutnya yang akan kita kupas adalah kredibilitas blog, apa maksudnya ? Tingkat kepercayaan dari pengunjung bisa menjadi respon atau sinyal baik kepada google. Hal ini bisa dibuktikan dari lamanya pengunjung  berada dan menjelajahi blog anda, mereka bisa menilai apakah blog benar-benar seo atau tidak.  Biasanya terlihat dari nilai bounce rate yang semakin kecil semakin baik. Jika anda melihat nilai bounce rate besar, perlu di pertanyakan kembali terkait dengan konten artikel yang anda buat, besar kemungkinan itu tidak layak untuk disajikan kepada visitor atau informasi yang anda buat tidak valid atau menyesatkan.


5.  Analisa blog dengan benar


Menganalisa blog bisa dengan beberapa tools seo seperti bawaan google webmaster, google analisis, Alexa, Semrush dan masih banyak lagi yang lainnya. Analisa dengan benar seperti apa kemajuan dari blog anda selama ini, biasanya anda akan mendapatkan informasi penting yang bisa dipakai untuk memperbaiki blog ke arah yang lebih baik. Contohnya saja, belum lama ini google webmaster menyarankan banyak blogger diluar sana untuk melakukan perubahan para breadcumb. Ini membuktikan kalau semakin hari ada peningkatan-peningkatan kecil yang wajib dilakukan oleh seorang blogger. 

Sekian artikel kali ini, semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Memaksimalkan Blog Agar Lebih SEO"