iklan header

Panduan Lengkap Membuat Blog dari Awal [UPDATE!!!]

Berbicara mengenai panduan lengkap membangun/membuat sebuah blog, kami rasa sudah banyak pembahasan mengenai hal tersebut di internet. Hanya saja beberapa konten artikel yang tersedia, tidak sepenuhnya memberikan informasi yang valid dan lengkap untuk mereka yang ingin belajar ngeblog dari awal sampai menghasilkan. Pada kesempatan yang indah ini, kami ingin berbagi informasi terkait dengan pengalaman membangun blog dari awal sampai menghasilkan uang. Adapun informasi ini kami bagi menjadi beberapa topik yang memudahkan anda mempelajari satu per satu dan langsung mempraktekannya. Penting untuk diketahui, menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar untuk mencari pendapatan dari internet, namun banyak hal yang bisa anda dapatkan dari kegiatan blogging. Mari kita simak bersama, tutorial membangun blog dari awal hingga benar-benar menghasilkan.


Panduan Lengkap Membangun Blog dari Awal Sampai Menghasilkan

Ngeblog bukan hanya sekedar ingin mendapatkan penghasilan saja, tetapi ada banya faktor kenapa masyarakat Indonesia ingin belajar membuat sebuah blog di internet. Perlu untuk anda ketahui juga, dengan adanya sebuah blog, anda bisa melakukan banyak hal seperti berbagi artikel yang informatif kepada pembaca, berjualan online, membuka peluang usaha dan masih banyak lagi yang lainnya. Sayangnya, tutorial membuat blog di internet dirasa masih kurang lengkap dan langsung to the point, sehingga untuk para pemula masih kesulitan untuk memahami dari awal. 

Berikut ini adalah beberapa pembahasan yang akan anda dapatkan setelah membaca artikel tentang panduan lengkap membangun blog :
  1. Konsep dan Tujuan Membangun Blog
  2. Menentukan Domain, Judul dan Kerangka Dasar Blog
  3. Proses Pendaftaran Blog Ke Google Webmaster
  4. Desain Template Blog yang Ringan dan SEO Friendly
  5. Settingan Dasar Blogspot Yang SEO
  6. Teknik Dasar Menulis Konten SEO Blog
  7. Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog
Dari ke 7 Topik diatas, kami ingin menjelaskan satu per satu kepada anda semua sehingga diharapkan setelah membaca artikel ini, anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mumpuni untuk membangun blog sendiri tanpa harus membayar jasa pembuatan blog di internet. Mari kita awali dengan topik yang pertama terlebih dahulu. 

Konsep Dasar dan Tujuan Membangun Blog

Sebelum anda memutuskan untuk membuat sebuah blog, tentu anda sudah berpikir terlebih dahulu tujuannya untuk apa. Ada beberapa orang yang ingin membuat blog karena tujuannya untuk menghasilkan uang, jika jawaban tersebut sama dengan yang anda pikirkan sekarang. Maka sebaiknya jangan membuat blog, karena anda pasti akan berhenti di tengah jalan. Tujuan membuat blog untuk mendapatkan uang bukan berarti anda hanya semangat diawal saja, banyak blogger diluar sana yang memilih mundur setelah beberapa bulan – 1 tahun aktif di dunia blogging. Alasannya tetap sama “ Blog tidak menghasilkan “, hal ini dikarenakan pada saat awal membangun blog, dirinya memiliki tujuan “ Untuk mendapatkan penghasilan “. 

Mungkin jauh lebih baik kalau anda mengganti tujuan ngeblog anda seperti “ Hobi menulis artikel, ingin berbagi artikel informatif, ini membuka bisnis, ingin jualan sesuatu atau yang lainnya “. Meskipun kedepannya nanti blog yang sudah di optimasi semaksimal mungkin, pasti akan menghasilkan. Waktu menjadi bagian terpenting untuk seorang blogger baru yang ingin membangun blog dari awal, hindari tujuan yang bisa kapan saja “ Membunuh “ rasa semangat anda untuk menggeluti dunia blogging. 

Konsep dasar dalam membangun sebuah blog itu sangatlah simple, anda hanya tinggal menentukan kategori blog, desain, artikel dan kemudian optimasi. Tidak perlu muluk-muluk sebenarnya, asalkan anda sudah tahu konten artikel yang menarik seperti apa. Pasti kedepannya blog akan berjalan dengan baik dan mampu mendapatkan trafik yang tinggi dari internet, jangan mudah terpengaruh dengan kata orang dan mudah menyerah hanya trafik blog menurun. Karena tidak ada kata “ putus asa “ di kamus kami. Jika anda sudah menemukan tujuan dan konsep dasar membuat blog, mari kita lanjutkan ke pembahasan yang kedua.

Menentukan Domain, Judul dan Kerangka Desain Blog

Tahap berikutnya yang harus anda lakukan adalah memilih sebuah platform blog, platform blog ini cukup banyak. Ada sekitar dua platform yang cukup dikenal kalangan blogger di luar sana, pertama adalah blogspot dan kedua wordpress. Perbandingan yang simple saja, wordpress berbayar dan blogspot gratisan.  Silahkan pilih saja sesuai dengan kebutuhan anda, kalau anda ingin belajar ngeblog mungkin prefer ke blogspot lebih baik dibandingkan harus mengeluarkan banyak budget untuk membangun blog di wordpress. 

Platform blogspot ini memiliki banyak keunggulan dan tidak kalah menarik dari wordpress, beberapa diantaranya adalah hosting gratis dari google selamanya dan keamanan yang sudah terjamin. Selain itu juga, anda bisa melakukan custom domain dari sub domain “blogspot “ bisa diganti sesuai dengan keinginan, contoh “ blogsaya.com “ atau yang lainnya. 

A. Tentukan nama domain

Sekarang anda harus menentukan nama domain terlebih dahulu, nama domain ini berhubungan dengan brand anda sendiri. Contoh kalau anda bertujuan membuat blog jualan kaos, bisa jadi nama domainnya “ jualankaos.com “ atau nama domain lainnya.  Membeli nama domain bisa di penyedia layanan domain seperti Niagahoster, Idwebhost, Rumahweb dan Godaddy. Tentukan nama domain terlebih dahulu, harga per tahun bervariasi tergantung dari estensi yang anda pilih ( COM, NET, ORG, ID, MY.ID, WEB.ID dan masih banyak lagi yang lainnya ).

B. Mendaftar di Blogspot dan Tentukan Judul

Kita anggap anda sudah memiliki blogspot sebagai platform blog dengan harga yang murah dan banyak fitur dan fasilitas yang menarik. Berikutnya silahkan gunakan akun Gmail untuk masuk ke blogspot. 
  • Langkah pertama kunjungi situs blogger.com 
  • Kemudian anda bisa mendaftar dengan menggunakan akun GMAIL atau Google Email milik anda
  • Masuk dan tuliskan nama / judul blog yang anda inginkan
  • Biasanya untuk sub domain bisa anda tulisa nama anda sendiri atau brand. Contoh “ Brandsaya.blogspot.com“, Ini hanya sementara dan bisa diganti dengan custom domain nantinya. 
  • Berikutnya anda sudah masuk ke halaman dasboard blog dan saat ini anda perlu mengganti judul blog yang sudah dibuat. 
  • Ganti judul blog dengan brand anda “ Jualan kaos bandung murah “ atau “ Brandsaya – Jual kaos murah bandung “ dan lain-lain yang pada intinya mengandung kata kunci. Ini penting agar blog bisa muncul di serp google kedepannya. 
  • Jika sudah, silahkan save dan atur semua yang diperlukan seperti deskripsi yang di isi dengan informasi blog anda, contoh “ Menjual berbagai jenis kaos distro dengan harga murah “ atau yang lainnya. 
  • Selesai. 

C. Tentukan kerangka desain blog

Pada tahap berikutnya anda harus menentukan desain kerangka terlebih dahulu, jika anda belum memiliki template unggulan, gunakan terlebih dahulu template di blogspot yang tersedia secara gratis. Disana banyak sekali pilihan template yang bisa anda pakai dengan gratis. Kemudian untuk kedepannya, jika ingin membeli template yang premium bisa mengunjungi beberapa situs seperti Goomsite.com dan Sugeng.id. Disana banyak dijual template blogspot dengan harga murah dan kualitas SEO Terbaik. 

Proses Pendaftaran Blog ke Google Webmaster

Blog anda sekarang sudah jadi dan jangan senang dulu karena ini masih permulaan, langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan verifikasi atau pendaftaran ke google webmaster dengan tujuan agar blog diverifikasi oleh google dan kemudian mendapatkan kesempatan untuk masuk ke halaman search. Hal ini seringkali dilakukan banyak blogger untuk mendapatkan sinyal perayapan agar setiap artikel yang dipublish bisa masuk page one di google dengan mudah dan cepat. Ini sifatnya wajib dan semua blog harus didaftarkan ke webmaster terlebih dahulu. Silahkan ikuti langkahnya dibawah ini. 
  • Tahap pertama silahkan anda kunjungi terlebih dahulu google webmaster yang ada di alamat ini : https://www.google.com/webmaster
  • Setelah itu anda bisa klik DAFTAR dan mulai mengisi form yang disediakan dengan menggunakan akun Gmail anda
  • Silahkan isi LINK pada Jendela “  Welcome to Google Search Console “ , ada dua pilihan dan anda bisa memilih yang pertama DOMAIN NEW – Example.com
  • Silahkan copas link blog anda atau tulisakan saja pada kolom yang tersedia. Contohnya “ Blogsaya.com “.
  • Klik Continue, maka secara otomatis google webmaster akan mengindeks blog anda yang tertaut dengan akun Gmail tersebut
  • Mudah dan cepat, selanjutnya anda akan menerima email notifikasi dari pihak Webmaster yang memberi tahu kalau blog sudah diverifikasi dan masuk proses perayapan. 
  • Sampa disini blog anda sudah terdaftar di google dan yang pasti mempermudah indexing di mesin pencari nantinya.

Desain Template Blog yang Ringan dan SEO Friendly

Tahap berikutnya karena optimasi ke webmaster sudah selesai, anda bisa memikirkan desain blog yang kiranya masih berantakan dan belum sesuai dengan keinginan. Silahkan upload template yang sudah anda dapatkan dari penyedia template gratisan dan mulai mendesain dengan cara anda sendiri.
  • Masuk ke dasboard blog dan klik menu TEMA
  • Pada bagian menu Tema, silahkan klik menu CADANGKAN yang ada di bagian pojok kanan atas
  • Selanjutnya anda bisa klik UPLOAD dan mencari template yang sudah anda dapatkan di dalam folder laptop / PC
  • Mulai upload dan tunggu prosesnya hingga selesai
  • Jika sudah, silahkan klik Sesuaikan dan anda bisa mensetting semua desain di dalamnya. Ikuti saja panduan dari File “ Documentation “ yang anda dapatkan ketika membeli template
  • Pada tahap ini anda selesai mensetting template dan tinggal merapikannya

Hal-hal penting sebelum anda membeli template

Template merupakan rumah blog anda yang benar-benar harus diperhatikan dengan baik, ada beberapa hal penting yang perlu anda jadikan pertimbangan pada saat membeli template. Adapun hal tersebut bisa anda lihat dibawah ini. 
  • Skor kecepatan template harus A atau 90% ke atas
  • Template harus mobile friendly dan mudah diakses oleh semua perangkat
  • Responsitivas template juga harus dipertimbangkan dengan baik, sehingga semua menu baik font dan gambar bisa terbaca dengan jelas
  • Fitur dan kelengkapan template juga harus ada seperti bagian navigasi menu, bagian sidebar, bagian header, footer, posting layout dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lupakan juga informasi situs resmi anda mulai dari ( Privacy Policy, Desclaimer, Sitemap, dan masih banyak lagi yang lainnya )
  • Jangan terlalu memilih template dengan konten flash yang banyak, ini akan menghambat render laman blog anda.
  • Pastikan membeli template sesuai dengan niche atau kategori blog anda


Setelah anda sudah selesai mendesain template, langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan settingan menu dasar blog yang pada dasarnya ini cukup penting untuk memaksimalkan seo pada blog pribadi anda. Baik itu blog personal dan bisnis, semuanya butuh di setting dengan baik dan sekarang anda bisa membacanya di topik berikutnya. 

Settingan  Dasar Blogspot Yang SEO

Pada settingan dasar ini, kami akan memberikan beberapa tutorial menu-menu di blog yang seharusnya anda rubah sesuai dengan tutorial yang ada di artikel ini. Dengan begitu, blog yang anda buat bisa maksimal dan siap tayang di publik. Silahkan awali dengan masuk terlebih dahulu di bagian dasboard blog. 
  1. Silahkan anda masuk ke menu “ SETELAN “ pada bagian ini anda akan menemukan beberapa menu seperti Judul, Deskripsi, Privasi, Alamat Blog, Pengalihan HTTPS dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika anda tidak akan merubah alamat blog ke domain atau custom TLD. Ada baiknya rubah saja pada bagian Deskripsi. Isi dengan topik blog anda. Kalau blog membahas mengenai jualan online, silahkan utarakan dengan jelas anda menjual produk apa. 
  2. Pada menu postingan, komentar dan berbagi. Ini akan berisi informasi setelan seperti tampilan postingan, template entri, lokasi komentar dan lain-lain. Anda bisa merubah tampilan postingan sesuai dengan keinginan, silahkan rubah saja dari nilai standar “ 7 “ menjadi 10 atau lebih banyak. 
  3. Bahasa dan Pemformatan. Pada bagian ini anda akan melihat banyak menu seperti bahasa, zona waktu, dan lain sebagainya. Silahkan ganti bahasa ke Indonesia dan Zona waktu sesuai dengan lokasi anda saat ini. 
  4. Preferensi Penelusuran. Pada menu ini yang paling penting, setiap settingan yang ada di menu ini akan menentukan blog anda di serp engine. Silahkan rubah saja pada bagian deskripsi “ Menjual berbagai keperluan kaos olahraga rasa distro “ ataupun keyword lain yang memudahkan pengunjung menemukan blog anda. Kemudian pada bagian menu lain jangan dirubah jika tidak diperlukan sama sekali. Karena ini hanya settingan dasar, maka cukup rubah deskripsinya terlebih dahulu saja. 
  5. Menu lainnya. Pada menu lainnya ini tidak ada yang perlu anda rubah, biarkan saja sistem default seperti itu. Karena kalau anda merubahnya, nanti ke depan malah jadi bingung. 


Sampai disini settingan dasar untuk platform blogspot sudah selesai, adapun bagi anda yang masih pemula, mungkin ini masih cukup membingungkan. Tetapi bermain blogspot tidak sesulit wordpress, sudah ada menu yang terpapang jelas untuk anda klik dan pahami. Terlebih lagi, anda tidak akan kesulitan bermain blog dengan membaca artikel ini sampai selesai. Silahkan dipahami kembali menu-menu baru yang ada di blogspot, ini memudahkan anda untuk melakukan optimasi sendiri.

Teknik Dasar Menulis Konten SEO BLOG

Sekarang saatnya anda menulis konten artikel yang pada dasarnya merupakan aset terpenting dari sebuah blog di mesin pencari. Blog dengan konten seo yang berkualitas bisa memberikan proses index yang mudah, terlebih lagi kapasitasnya yang maksimal dengan kualitas terbaik. Mari kita lihat tutorialnya dibawah ini. 

Penting untuk diperhatikan, menulis artikel blog tidak bisa sembarangan, konsepnya berbeda dengan menulis artikel umum lain seperti novel, buku atau cerita pendek. Setiap tulisan yang anda buat mengandung kata kunci yang di terapkan secara manual, ada beberapa standar penting dalam menulis artikel seo. Sebelum itu, kami akan mengajarkan anda seperti apa memulai menulis artikel di blogspot terlebih dahulu. 
  • Langkah pertama silahkan anda masuk ke blogger terlebih dahulu dan pada menu postingan silahkan klik ENTRI BARU
  • Akan muncul menu halaman kosong seperti ms. office yang pernah anda lihat, disana sudah lengkap dengan menu dan fitur untuk membuat tulisan semakin menarik dan rapi. Silahkan pelajari sebentar sebelum anda melanjutnya. 
  • Kemudian jika sudah, silahkan mulai ketikkan kata pertama dari bagian atas pojok kiri sesuai dengan jumlah yang anda inginkan. Gunakan beberapa tombol dan fitur untuk membuat tulisan menjadi rapi dan mudah dibaca, jangan memakai ukuran font yang kecil, hal itu akan mempersulit pengunjung membaca artikel di blog anda
Apa sih faktor penting dalam menulis artikel seo blog ?

Secara umum, seorang blogger perofesional mampu menulis konten seo dengan bobot yang berkualitas. Hal ini berhubungan dengan kecepatan indeks oleh google dan mampu mendapatkan posisi pertama di serp engine. Adapun rahasianya bisa anda lihat dibawah ini. 

A. Menulis berdasarkan keyword terbaik

Membuat blog dari awal memang tidak mudah, namun kalau anda sudah masuk pada tahap ini maka akan semakin menyenangkan. Keyword ini dikenal dengan  kata kunci yang biasa digunakan orang-orang untuk menemukan konten berkualitas di internet. Contohnya saja keyword “ Jual baju bandung “, nah pada saat anda menulis artikel, pada bagian judul bisa disisipi keyword, misalnya “ Jual kaos bandung dengan harga murah “, keyword yang anda target adalah “ kaos bandung “. Otomatis kalau konten artikel anda sudah SEO, bisa masuk page one di google. Nah itu yang dimaksud dengan pembuatan artikel dengan menggunakan keyword, pastikan gunakan beberapa tools untuk menganalisa keyword seperti google planner dan Aherf. 

B. Strukur artikel mulai dari H2 – H5

Berikutnya yang tidak kalah penting untuk anda pahami adalah struktur tulisan pada artikel harus sesuai dengan prosedur standar baku SEO. Menurut informasi yang kami dapatkan berdasarkan update algortima google Fread yang terbaru, penulisan artikel dengan menggunakan Heading sangat berpengaruh pada indeks di mesin pencari. Jadi, gunakan Heading untuk mempermudah robot google melakukan crawling halaman konten anda yah. Contoh penulisan heading seperti ini. 

Jual Kaos bandung Murah dan kekinian ( H2)

Berisi artikel bla-bla-bla

Tempat Jual Kaos Bandung  Terima Grosir ( H3 ) 

Dst sampai H5

Itu yang kami maksudkan dengan adanya penggunaan heading, jadi lebih rinci dan robot google tetap akan fokus dengan keyword yang anda target yaitu “ Kaos bandung “. Mudah dan simple bukan ? Nah, dari sini anda sudah bisa mulai membangun blog dari awal yang seo dan tentunya menarik untuk disajikan secara publik. Terlebih lagi, cukup jarang blogger diluar sana yang masih menggunakan cara ini karena dianggap rumit dan kurang efektif, padahal google algoritma sudah menyarankannya sendiri untuk menulis konten yang informatif dengan tetap menyematkan keyword seo yang terlihat lebih natural.

C. Gunakan Link Building dan Media

Berikutnya yang tidak kalah penting pada saat menulis artikel blog, jangan lupa untuk menggunakan link building. Ini berguna sekali untuk mempercepat proses indeks dua artikel sekaligus. Itulah kenapa, ketika anda membaca artikel di blog orang pasti ada link lain di dalamnya. Tujuannya memang seperti itu. Kemudain yang kedua adalah penggunaan media, ini juga penting sebagai bentuk faktor seo offpage yang bisa anda terapkan. Media juga berguna sekali untuk memperjelas informasi yang anda sampaikan melalui konten artikel. Jadi, dengan adanya media seperti gambar, infografis, video dan lainnya bisa meningkatkan daya tarik pembaca. 

D. Kapasitas konten artikel

Berapa sih idealnya kapasitas konten artikel ? Cukup beragam, bagi blog yang sudah bertahun-tahun lamanya. Masalah kapasitas kata ini tidaklah penting, mereka biasa menulis konten hanya 300 – 500 kata saja namun sudah mampu page one. Ini karena kualitas blognya sudah bagus, namun kami menyarankan kalau anda baru awal ngeblog dan masih baru, ada baiknya menulis sampai 1500 kata dengan kerapatan kata kunci sekitar 5% saja sudah cukup. Ini untuk mendongkrak seo dan mengambil posisi yang lebih baik, sehingga artikel anda lebih berpeluang di lirik google. 

Dari seluru rangkaian cara membuat blog dari awal ini, hasil akhirnya tentu kita semua sudah tahu. Kalau anda sendiri menggarap blog dengan konsisten, sabar dan disiplin. Maka anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan yaitu mendapatkan penghasilan dari blog. Masih bingung dengan cara memperoleh pendapatan dari blog ? Ada banyak sekali ragamnya dan bisa disesuaikan dengan keinginan anda sendiri. Yuk lihat dibagian akhir ini. 

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Ada beberapa cara untuk memperoleh penghasilan dari blog, beberapa diantaranya dengan bergabung bersama google adsense. Program periklanan google yang memberi kesempatan kepada semua blogger untuk mendaftarkan blog mereka yang sudah layak untuk menayangkan iklan dan mulai mendapatkan penghasilan. Selain itu, anda juga bisa mencoba cara lain yang mungkin jauh lebih mudah dan realistis dengan tujuan anda diawal. Coba lihat beberapa cara mendapatkan penghasilan dari blog yang sudah memiliki trafik tinggi. 
  • Berjualan produk digital di blog
  • Berjualan poduk fisik seperti kaos, dan lain sebagainya
  • Menjadi seorang reseller atau menjualkan produk orang lain
  • Membuka program dropshipper
  • Membuka jasa desain, jasa artikel, jasa seo dan masih banyak lagi lainnya
  • Membuka slot iklan mandiri di blog
Dari semua rangkaian cara mendapatkan penghasilan dari blog, memang benar kalau adsense cukup menarik untuk dicoba. Hanya saja ada beberapa syarat penting yang harus di penuhi oleh setiap blogger.
  • Blog harus sudah berumur kiranya 3 – 5 bulan
  • Jumlah konten harus memadai dan berkualitas
  • Trafik kunjungan per hari harus sesuai target
  • Kategori blog dilarang yang berbau ilegal
Nah, itulah panduan lengkap untuk anda yang ingin membangun blog dari awal hingga menghasilkan. Kami sengaja tidak memberikan tips seo karena itu akan dibahas di artikel lainnya, jadi apakah anda sudah siap memiliki blog berkualitas ? Cobalah sekarang juga dan mulai bangun bisnis dan usaha anda dari blog sendiri. Terimakasih. 

Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Membuat Blog dari Awal [UPDATE!!!]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel