iklan header

Panduan SEO Meningkatkan Trafik Blog dengan Cepat

Halo sahabat blogger, bertemu lagi dengan kami di blog ini untuk membahas panduan lengkap seo blog hingga mendapatkan trafik tinggi. Minggu lalu kita sudah membahas dengan lengkap seperti apa cara membuat blog dari awal yang benar-benar berkualitas dan tentunya sesuai dengan konsep dan tujuan anda. Sekarang, kita akan membahas hal yang tidak kalah penting yaitu optimasi seo. Kami yakin setelah anda membaca judul artikel ini mungkin tertarik untuk mengikuti tutorial dari kami, karena secara umum sudah banyak yang menerapkan cara ini dan mampu mendapatkan trafik kunjungan yang sesuai harapan. 

Meskipun sekarang ini di internet sudah di kuasai banyak situs besar seperti situs berita dan lainnya, namun anda tidak boleh putus asa dan terus berkarya untuk mencapai tujuan. 

meningkatkan-traffic-blog-dengan-cepat

Tidak mengherankan kalau situs besar diluar sana berhasil mendapatkan posisi terbaik, mengingat sumber daya mereka juga sangat besar pastinya.  Itulah kenapa, kita butuh optimasi seo yang pada dasarnya tidak memerlukan atau mengeluarkan biaya, namun berdampak pasti pada situs blog ada. 

Beberapa minggu yang lalu, kita sudah membahas pada tahap mendapatkan penghasilan, sayangnya tidak semua blogger bisa mencapai di tahap itu kalau blognya sendiri masih sepi. Jadi, kami berharap setelah anda membaca artikel ini bisa mendapatkan pencerahan untuk meningkatkan trafik blog dengan maksimal.  Langsung saja simak ulasannya dibawah ini. 

Panduan SEO Meningkatkan Kunjungan atau Trafik Blog dengan Cepat

1. Patuhi algoritma google yang paling utama

Salah satu standar baku seo untuk sebuah blog itu ada acuannya, yang tidak lain adalah algoritma google. Mau sebanyak apapun biaya yang anda keluarkan untuk optimasi, kalau hal tersebut tidak sesuai dengan kaidah google algoritma, maka hanya sia-sia saja untuk mendapatkan trafik seo. Beberapa tahun yang lalu pernah marak namanya situs dengan page rank yang tinggi, situs seperti ini akan menawarkan backlink untuk situs lain dengan harapan bisa mendapatkan rekomendasi dari crawl google. Sayangnya, cara ini sudah berhenti semenjak kemunculan google Panda dan Penguin, sedangkan di era google Fread ini, anda harus lebih bijak optimasi seo. Ini adalah awal pertama yang perlu anda pahami dahulu sebelum kita lanjut ke poin berikutnya. 

2. Membangun baclink natural

Meskipun tips satu ini sudah cukup usang atau familiar kita dengar, pada dasarnya masih sangat efektif untuk meningkatkan perfoma blog baru di serp engine. Terbukti beberapa pengalaman teman kami yang membangun blog, setelah 1 bulan sudah mendapatkan site link yang artinya google memberikan kepercayaan kepada blog tersebut karena selalu mendapatkan rekomendasi dari situs terbaik. 

Beberapa situs yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink seperti viva.co.id, kompas.com dan masih banyak lagi yang lainnya. Backlink itu sendiri sebutkan dari tautan balik yang tujuannya untuk mendapatkan indeks dari situs lain dan masuk ke link situs anda. Secara sederhana saja, backlink di bagi menjadi dua tipe. 

Pertama nofollow, jadi link indeks tidak mengikuti dan dofollow ( link indeks mengikuti ). Jadi, kami sarankan untuk membangun backlink natural yang doffolow. Caranya bagaimana ?

  • Lakukan guest blogging di situs besar
  • Beriklan di sosial media
  • Berkomentar atau blogwalking
  • Mencarinya di internet

3. Tingkatkan kualitas artikel anda

Tahap berikutnya untuk meningkatkan optimasi seo demi mendapatkan trafik kunjungan adalah meningkatkan kualitas konten artikel. Kualitas konten tidak akan pernah membohongi karena google yang akan menilainya.  Kami sangat menyarankan sebelum menulis artikel seo, pastikan beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan seperti. Kata kunci yang sedang trend,  struktur konten, media yang digunakan, kirim ke google webmaster dan yang lebih penting sebar ke sosial media supaya artikel yang anda tulis tidak sia-sia dan dibaca banyak orang. Salah satu alasan kenapa situs berita sekarang masih mengandalkan sosial media, karena mereka tahu dengan semakin sering konten dibaca orang maka google secara otomatis akan memberikan kesempatan untuk naik di page one dengan mudah dan cepat. Terbukti, beberapa bulan setelah konten terbit, biasanya mulai perlahan merayap mendapatkan posisi rank 1. Buat anda yang memiliki blog  bisnis untuk jualan, cobalah target satu kata kunci saja dan jangan terlalu banyak membaginya ke umum. Contoh kalau blog membahas tentang blogging ya terus gunakan keyword blogging saja. Ini penting untuk mendapatkan konsistensi dari blog anda, google menyukai hal tersebut. 

4. Gunakan web 2.0

Web seperti forum yang akan mempermudah anda mendapatkan rank terbaik di google, cara bermainnya cukup mudah. Anda bisa bergabung dengan beberapa forum resmi seperti kompasiana, kaskus, bersosial dan ads.id. Semua forum ini resmi dan anda bisa dengan mudah mendaftar menjadi anggota di dalamnya. Hanya saja aturannya cukup ketat dan anda harus mematuhi sebelum menulis tread di dalamnya. 

Sekarang saatnya anda menulis tread dengan pembahasan yang menarik, enak di pahami dan real sesuai dengan fakta. Sematkan link blog anda di dalamnya dengan akhiran kata yang pada intinya mengajak untuk melihat isi blog anda. Kami rasa admin akan memberikan kesempatan seperti itu dengan catatan tidak berlebihan dan tetap natural saja. Silahkan saja dicoba, sudah banyak blogger yang menerapkan hal seperti itu dan berhasil meningkatkan trafik kunjungan. Pada dasarnya, natural tidaknya trafik kunjungan itu patokkannya tetap konten artikel yang anda buat. 

Jika konten dirasa berbobot dan berisi, maka banyak pengunjung yang akan kembali lagi untuk menyimak setiap kali ada update artikel baru di blog anda. Seperti itu seterusnya, mirip dengan konten berita yang selalu update, pasti banyak orang yang mengunjungi setiap harinya. 

5. Rajin-rajin submit artikel ke webmaster


Cara lain untuk meningkatkan pengunjung yang paling natural adalah mensubmit artikel yang selesai anda buat di google webmaster. Ini sudah terbukti banyak memberikan keberhasilan terhadap sebuah konten artikel yang dibuat, sehingga mudah ditemukan oleh pembaca di internet.  Gampang sekali mensubmit artikel ke webmaster, terlebih sekarang ini tampilannya sudah baru dan lebih ringkas, sehingga anda tinggal copas link dan lakukan indeks atau fetch oleh google. Secara otomatis, link artikel anda akan dirayapi secara menyeluruh termasuk link tautan yang sudah anda buat, jika dirasa cukup recommended, beruntung kalau mendapatkan posisi di page one. Selamat mencobanya. 

Nah itulah beberapa panduan seo yang pada dasarnya tidak pernah berubah dari tahun ke tahun dan masih diterapkan banyak orang sampai sekarang ini. Tidak mengherankan jika panduan seperti ini masih dirasa asing untuk sebagian besar blogger pemula, hanya saja ini yang paling aman untuk anda terapkan demi memaksimalkan seo pada blog baru anda. Semoga dengan adanya informasi ini, anda semakin sukses menjadi seorang blogger. Terimakasih. 

Belum ada Komentar untuk "Panduan SEO Meningkatkan Trafik Blog dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel