Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Peran Penting Tag dan Category dalam Website atau Blog

Sekilas tag dan category memiliki fungsi yang hampir sama. Bahkan ada sebagian orang yang menganggap bahwa tag dan category memiliki fungsi yang sama persis. Padahal pada kenyataannya keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Memang secara umum tag dan category memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menggambarkan keseluruhan isi dari suatu postingan. Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsinya, pahami dulu tentang arti keduanya.


Pengertian Tag dan Category

Seperti yang telah dikatakan di atas, ada beberapa orang yang menganggap bahwa dalam dunia blogging, tag dan category itu hal yang sama. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda walaupun mirip.

Pada dasarnya, category ini merupakan pengelompokan topik dalam website atau blog secara luas. Artinya cakupan pengelompokannya lebih luas. Berbeda dengan tag yang merupakan gambaran postingan dengan lebih spesifik.

Jika dilihat dari fungsi secara umum keduanya memang sama, sama-sama untuk menggambarkan isi dari setiap postingan namun cakupan pengelompokan topiknya yang berbeda. 

Untuk penggunaan tag bersifat opsional, artinya kamu bisa memilih apakah akan menggunakannya dalam setiap postingan atau tidak. Sedangkan untuk category, kamu harus menggunakannya, setidaknya satu category.


Fungsi Category

Category ini sebenarnya berkaitan dengan mesin pencari yang dimana sebelum adanya search engine terdapat alat yang bernama directory. Nah, directory inilah yang menggunakan category untuk memudahkan pencarian.

Seiring munculnya search engine, category mulai sering diabaikan dan digantikan dengan penggunaan keyword atau kata kunci. Orang-orang lebih memfokuskan diri pada optimasi penggunaan kata kunci.

Padahal pada kenyataannya, category ini tetap menjadi hal penting dalam mengelola website atau blog, yaitu untuk memudahkan visitor dalam menemukan apa yang mereka cari melalui kelompok-kelompoknya.

Untuk tahap awal pengelolaan website atau blog memang tidak terlalu terasa fungsinya. Fungsi category akan sangat dirasakan ketika postingan konten sudah banyak. Ini untuk mengelompokkan artikel ke beberapa bagian topik berbeda.

Fungsi Tag

Jika category memnfungsikan diri sebagai pengelompokan topik dalam sebuah website, maka tag memiliki fungsi yang tak jauh berbeda. Hanya saja tag menggambarkan topik dengan lebih rinci.

Tag ini membantu pengguna dalam menemukan beberapa artikel sejenis dengan tag yang sama. Misalnya, seseorang mencari artikel tentang “SEO”, maka artikel yang memiliki tag yang sama dengan tag tersebut akan muncul juga.

Pada umumnya, beberapa visitor melakukan pencarian artikel berdasarkan tag tertentu. Terlebih lagi jika tulisan yang posting sudah banyak, maka tag ini membantu visitor untuk menemukan topik yang mereka cari.

Selain itu, jika ada seseorang yang mengetikkan suatu keyword dan keyword tersebut sama dengan tag yang kamu buat, maka konten yang memiliki tag sama tersebut memiliki peluang besar untuk muncul di halaman pencarian.


Dan satu hal yang harus kamu ketahui bahwa mesin pencari menampilkan hasil pencarian berdasarkan judul dan isi konten serta domain. Nah, dengan adanya tag ini, memudahkan mesin pencari melakukan pencarian berdasarkan tag yang dibuat.

Sedikit tips untuk kamu saat ingin menggunakan tag, jangan hanya menggunakan satu atau dua tag saja. Namun juga tidak berarti harus menggunakan tag dengan jumlah yang berlebihan.

Terlepas dari itu semua, penggunaan category dan tag ini memiliki pengaruh besar terhadap optimasi SEO sebuah website atau blog. Kedua hal ini membantu menaikkan posisi website atau blog di mesin pencari. Jadi, jangan sampai mengabaikan keduanya.

Posting Komentar untuk "Peran Penting Tag dan Category dalam Website atau Blog"