Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Trik Jitu Optimasi SEO Blog Multi Niche

Ada banyak yang mengatakan bahwa membangun blog multi niche atau yang sering dikenal dengan blog gado-gado sulit untuk mengoptimasi SEO. Dan pada kenyataannya memang seperti itu.

Sekalipun tidak ada pengumuman resmi dari Google, hal ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang. Namun apakah itu berarti blog multi niche atau blog gado-gado tidak akan pernah menang persaingan dalam ranking Google?


Tentu saja tidak selalu begitu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengupayakannya. Apa saja? Simak beberapa trik optimasi SEO blog multi niche atau blog gado-gado di bawah ini:

Sajikan Konten yang Informatif

Karena blog multi niche memiliki banyak topik pembahasan di dalamnya, maka akan sulit melakukan optimasi SEO dengan link building. Karena link building membutuhkan relasi yang kuat antar konten.

Nah, oleh karena itu, salah satu modal yang terkuat untuk membangun blog multi niche ialah kualitas konten yang disajikan. Untuk menarik perhatian calon visitor, kamu harus menyajikan konten yang berkualitas.


Konten yang berkualitas tentunya harus bersifat informatif dan original. Karena bagaimanapun setiap konten blog gado-gado harus memiliki daya tarik yang kuat untuk mendapatkan klik dari visitor.

Nah, kredibelitas dari sebuah konten juga mempengaruhi ranking pada mesin pencari. Jika konten yang kamu sajikan informatif dan sangat bermanfaat, maka berpeluang besar untuk masuk rangking pertama mesin pencari.

Fokus Terhadap Isi Konten

Topik yang dibahas dalam blog multi niche atau blog gado-gado memang terkesan random. Akan tetapi, itu bukan berarti kamu boleh sembarangan dalam merancang isi dari setiap konten yang kamu buat.

Bagaimanpun, kekuatan konten yang kamu sajikan pada blog harus unik, informatif dan bermanfaat. Untuk mendapatkan konten yang seperti itu, kamu harus fokus kepada setiap pembahasannya.

Karena pada umumnya setiap konten pada blog multi niche tidak berelasi, usahakan jangan terpengaruh terhadap konten sebelumnya. Kecuali saat kamu membahas topik yang sama pada topik konten sebelumnya.

Rutin Mengisi Konten

Salah satu kelebihan dari blog multi niche atau blog gado-gado, yaitu mudah menemukan ide untuk membuat judul karena lingkupnya lebih luas. Kemudahan ini seharusnya menjadikan kamu lebih mudah untuk rutin mengisi konten.

Karena kebanyakan, tantangan berat dari seorang blogger ialah konsistensi dalam mengisi konten. Ketika seorang blogger tidak konsisten dalam mengisi konten, maka blognya akan sulit berkembang, apalagi untuk blog gado-gado.

Nah, salah satu upaya untuk mengoptimasi SEO pada blog multi niche atau blog gado-gado ialah rutin dalam membuat konten. Karena konsistensi mengisi blog juga sangat mempengaruhi SEO.
Pahami SEO

Hal dasar dan yang paling utama untuk mengoptimalkan SEO pada blog multi niche atau blog gado-gado pastinya harus memahami tentang SEO itu sendiri. Pelajari trik-trik yang biasa dipakai untuk SEO.

Pahami tentang beberapa hal yang dapat dilakukan untuk optimasi SEO, terlebih lagi dalam penulisan konten. Misalnya tentang penggunaan judul yang tepat, jumlah kata dalam setiap konten, dan lain sebagainya.


Dan untuk sekarang ini, kamu tidak perlu bingung menentukan judul karena sekarang sudah berada di era google brain. Artinya kamu tidak perlu memaksakan judul yang kaku demi mencapai SEO yang maksimal.

Dan usahakan juga untuk memahami tentang mobile SEO karena pencarian Google menggukan algoritma Mobile-First Indexing. Dengan algoritma tersebut, Google melakukan pencarian berdasarkan pencarian perangkat mobile.

Posting Komentar untuk "Trik Jitu Optimasi SEO Blog Multi Niche"