Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Tips Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat traffik website dan blog meningkat, salah satu caranya ialah link building. Link building dapat dilakukan dengan cara internal link maupun backlink.

Untuk membuat backlink memang tidak mudah, bahkan ada beberapa yang harus mengeluarkan budget. Demi mendapatkan backlink tidak masalah kalau harus mengeluarkan sedikit budget.


Tapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan backlink gratis. Bagaimana caranya? Coba simak beberapa tips mendapatkan backlink gratis di bawah ini:

Membuat Konten Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas merupakan cara yang paling bijak untuk mendapatkan backlink gratis dan tentunya juga berkualitas. Karena ini merupakan cara yang paling sehat untuk mendapatkan backlink.

Upaya ini dilakukan bukan hanya untuk mendapatkan backlink gratis, namun juga upaya yang powerful untuk menjadikan website berkualitas. Ketika kamu mendapatkan backlink dengan cara ini, itu tandanya kualitas konten kamu diakui.

Kalau memang konten-konten yang kamu tulis itu bagus, untuk beberapa website terkait biasanya akan mengutip halaman kontenmu. Dengan begitu, kamu sudah mendapatkan backlink berkualitas secara gratis.

Jadi lumayan bermanfaatkan untuk website kamu. Maka dari itu, usahakan membuat konten-konten yang berkualitas. Carilah topik yang unik dan kreatif, tentunya tanpa harus mengada-ngada. 


Dapatkan Backlink dari Relasi Kamu

Bagi seseorang yang bekerja di bidang digital marketing sangat penting untuk menjaring banyak relasi. Terlebih lagi menjaring banyak relasi dengan orang-orang sesama sesama pekerja digital.

Apalagi untuk membangun backlink, relasi merupakan modal dasar untuk mendapatkan backlink secara gratis. Dengan membangun pertemanan sesama pebisnis digital, kamu bisa mendapatkan backlink secara cuma-cuma.

Terlabih lagi kalau konten-konten yang ada di website atau blog kamu berbobot. Maka besar kemungkinan kamu akan banyak mendapatkan backlink gratis. Jadi jaringlah relasi atau pertemanan sebanyak-banyaknya.

Menyumbang Konten di Website/blog Lain

Untuk mendapatkan backlink gratis dan berkualitas juga bisa kamu lakukan dengan cara menyumbang konten di website atau blog lain. Maksudnya, kamu menulis artikel yang kemudian kamu posting di blog atau website lain.

Bersyukur kalau kamu mempunyai banyak website atau blog, kamu bisa saling memanfaatkan satu sama lain. Kamu bisa saling meletakkan backlink antar website atau blog yang kamu punya.

Kalau kamu hanya memiliki satu atau sedikit website/blog, kamu bisa menyumbang konten di blog dan website milik orang lain. Dalam artian konten tersebut kamu berikan secara gratis dengan syarat mereka memberikan backlink.

Lakukan Blogwalking

Blogwalking adalah istilah untuk aktifitas menjelajah blog, biasanya dilakukan untuk sesama blogger. Aktifitas ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis.

Blogwalking ini merupakan sebuah aktifitas dimana kamu mengunjungi website dan blog orang lain dengan meninggalkan jejak di kolom komentar. Biasanya menyertainya dengan link website/blog kamu.

Sebagian orang menganggap ini cara sudah tidak bisa efektif. Tapi semua tergantung dari kualitas komentar yang kamu jejakkan di website mereka, menarik atau tidaknya komentarmu. Jadi tidak ada salahnya mencoba.


Tukar Menukar Backlink

Tukar-menukar backlink bersama teman menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink gratis. Tapi kamu perlu memastikan bahwa penempatan backlink berada di lokasi yang tepat.

Kalau penempatan backlink berada pada lokasi yang kurang tepat, ini bisa berakibat fatal kepada website dan blog kamu. Pastikan bahwa link website dan blog kamu berada pada bagian blogposting, begitu pun sebaliknya untuk link punya teman.

Posting Komentar untuk "Tips Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas"