Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Peran Table of Content dalam SEO

Ada banyak teknik yang pelu dilakukan dalam mengotimalkan SEO dalam sebuah website atau blog. Salah satu hal dan yang menjadi bagian terpenting dalam melakukan optimasi ialah mengotimalkan kualitas konten.

Konten memang menjadi modal utama dalam menciptakan optimasi SEO yang baik. Untuk membuat konten yang baik pun juga ada banyak teknik yang harus dilakukan, salah satunya ialah menambahkan Table of Content.



Apa Itu Table of Content (ToC)?

Table of Content atau sering juga di sebut dengan ToC ini merupakan bagian konten berupa daftar isi atau bagian-bagian penting dari isi artikel. Table of Content ini biasanya berupa sub judul yang berbentuk heading.

Kamu pasti pernah kan menjumpai beberap website atau blog yang terdapat heading-heading berupa sub judul artikel dalam sebuah konten? Poin-poin sub judul itu yang disebut dengan Table of Content (ToC).


Mengapa Perlu Menambahkan Table of Content (ToC)?

Nah, apa sih pengaruhnya Table of Content (ToC) ini dalam sebuah website atau blog? Dan seberapa penting ToC dalam mempengaruhi optimasi SEO?

Hal utama yang menjadikan alasan pentingnya menambahkan Table of Content (ToC) dalam sebuah website atau blog ialah untuk meningkatkan CTR. Mengapa? Karena kemungkinan besar Table of Content (ToC) ini akan terindex oleh mesin pencari Google.

Jika Table of Content (ToC) ini sudah terindex oleh mesin pencari Google, otomatis trafik kunjungan website atau blog kamu akan meningkat. Hal ini pastinya akan berpengaruh besar terhadap optimasi SEO.

Selain berperang penting dalam indexing Google, Table of Content (ToC) ini juga berpengaruh besar terhadap user experience. Karena Table of Content (ToC) ini membantu pengunjung dalam menemukan poin penting.

Jadi, sebagai seorang blogger atau pengelola website kamu harus mampu memahami karakter para pembaca website atau blog kamu. Ada pembaca yang suka artikel panjang dan detail, namun ada juga yang suka artikel yang isinya to the point.

Nah, Table of Content (ToC) ini membantu para pembaca yang suka membaca artikel yang to the point. Artinya Table of Content (ToC) ini membantu pembaca dalam menemukan informasi yang mereka cari.

Misalnya, kamu menulis artikel panjang tentang “keyword” yang berisi beberapa sub judul seperti pengertian keyword, manfaat keyword, jenis-jenis keyword, dan cara membuat keyword.

Diantara berbagai sub judul tersebut, bisa jadi ada pembaca yang membutuhkan informasi tentang cara membuat keyword saja. Jadi dengan adanya Table of Content (ToC) ini pembaca langsung menuju sub judul cara membuat keyword.

Jadi, pembaca tidak harus membaca semua isi artikel secara runtut dari atas untuk menemukan poin cara membuat keyword. Karena untuk sebagian besar pembaca akan jenuh kalau harus membaca banyak tulisan.

Kemungkinan besar, kalau dalam website atau blog kamu tidak ditambahkan Table of Content, mereka akan keluar dari halaman konten. Karena mereka sudah merasa jenuh dan malas jika harus kerepotan menemukan poin yang mereka cari.


Jadi, secara tidak langsung Table of Content (ToC) ini berpengaruh besar terhadap optimasi SEO. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa user experience sangat berpengaruh terhadap trafik kunjungan website atau blog.

Jadi, itulah pentingnya menambahkan Table of Content (ToC) pada website dan blog untuk mengoptimasikan SEO. Teknik ini memang tidak semua orang menerapkannya, tapi tetap menjadi teknik yang memiliki pengaruh besar terhadap SEO.

Posting Komentar untuk "Peran Table of Content dalam SEO"