iklan header

Manfaat Optimasi Internal Link pada Blog dan Website

Dalam sebuah halaman blog atau website, pasti kita sering menjumpai beberapa anchor text yang berisi tautan atau link yang mengarah ke halaman lain. Anchortext tersebut biasanya memiliki warna yang berbeda dari teks lainnya.

Beberapa link tersebut ada yang mengarahkan ke website lain, ada juga yang mengarah pada halaman lain di website atau blog tersebut. Nah, link yang mengarah pada halaman dalam blog atau website yang sama disebut internal link.


Apakah internal link ini berpengaruh terhadap optimasi SEO? Ya jelas. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika optimasi internal link ini dilakukan dengan baik. Berikut ini manfaat optimasi internal link dalam blog atau website:

Meningkatkan Trafik Kunjungan

Sederhananya, trafik kunjungan blog atau website merupakan banyaknya kunjungan yang terjadi di dalam blog atau website. Trafik ini baik berupa jumlah visitor maupun durasi mereka selama kunjungan dalam website atau blog.

Ketika mereka menemukan internal link dalam website kamu, kemungkinan mereka akan mengklik link tersebut hingga mengarah ke konten lainnya. Dengan begitu, mereka akan lebih betah berlama-lama berada di website atau blog kamu.

Nah, ini pastinya akan menambah trafik kunjungan blog atau website kamu. Internal link tak hanya utnuk menambah durasi kunjungan, namun juga memberikan kesempatan visitor untuk bisa menggali informasi lebih dalam.

Menarik Visitor pada Konten Lama

Pada umumnya, artikel yang sudah lama diposting akan tertimbun dengan artikel-artikel yang lebih baru diposting, sehingga jarang mendapat visitor. Mereka bisa kembali mendapat vivitor jika dipromosikan di media sosial.

Namun ada juga cara yang cukup simpel untuk mengembalikan lalu lintas artikel lama, yaitu dengan memanfaatkan internal link. Kamu cukup meletakkan link halaman artikel lama pada konten yang baru.

Pemanfaaan internal link ini pastinya harus didasarkan dengan topik yang berelasi antara kedua artikel. Jadi, saat visitor membaca artikel yang baru, diharapkan mereka akan lebih menggali lagi tentang informasi terkait.

Mengurangi Bounce Rate

Bounce rate termasuk salah satu rintangan dalam mengelola website atau blog. Bounce rate ini sebutan untuk prosentase visitor meninggalkan halaman website atau blog hanya dalam kunjungan satu halaman saja.

Logikanya, saat visitor langsung meninggalkan website atau blog hanya dalam satu halaman saja. Artinya mereka tidak menemukan informasi yang mereka cari dalam website atau blog tersebut, dan ini akan buruk di mata Google.

Pemanfaatan internal link dapat mengurangi prosentase bounce rate. Ketika visitor kurang puas dengan satu artikel di halaman tersebut, maka mereka bisa menggali informasi di halaman lain dalam website atau blog tersebut.

Meningkatkan User Experience

Selain untuk beberapa poin di atas, internal link juga berpengaruh dalam meningkatkan user exprience yang baik. Mengapa bisa begitu? Dengan internal link memudahkan visitor atau user dalam menemukan informasi yang mereka cari.

Artinya, dengan adanya internal link yang terpasang dalam setiap konten, visitor akan lebih mudah menemukan informasi tanpa harus menggunakan menu navigasi atau search box untuk mencari artikel terkait.


Dengan adanya internal link dalam setiap konten, visitor hanya cukup mengklik anchor text yang berisi link artikel terkait. Hal ini pastinya akan memberika pengalaman yang lebih baik karena proses pencarian yang lebih simpel.

Itulah beberapa manfaat dari optimasi internal link. Itu sebabnya banyak pengelola website yang selalu mengoptimalkan pemanfaatan internal link. Jadi, jangan sampai menyiakan-nyiakan internal link di setiap postingan.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Optimasi Internal Link pada Blog dan Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel