Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

5 Keunggulan Blog Micro Niche

Blog micro niche digadang-gadang sebagai blog yang paling mudah cara perawatannya dibandingkan dengan blog gado-gado (niche random). Yah karena blog micro niche memiliki banyak keunggulan.


Jadi tak heran banyak para blogger yang lebih memilih blog micro niche ketimbang blog gado-gado. Nah, beberapa keunggulan blog micro niche tersebut akan kita bahas dalam artikel kali ini. Berikut ini keunggulannya:

Lebih SEO Friendly

Alasan pertama yang menjadikan para blogger memilih membangun blog micro niche karena lebih SEO friendly. Memang tidak ada pernyataan langsung dari Google mengenai hal ini, tapi tetap terbukti.

Sekarang ini banyak blog dan website yang menduduk peringkat teratas dengan niche yang spesifik, artinya blog tersebut micro niche. Semakin spesifik pembahasan blog tersebut maka semakin kuat untuk mendapat peringkat Google.

Misalnya, sebuah blog dengan niche SEO akan berada di peringkat atas ketimbang blog gado-gado yang dalam satu artikel membahas tentang SEO. Meskipun ada beberapa faktor lain yang juga harus diupayakan.


Banyak Dilirik Pengiklan

Salah satu keunggulan dari blog micro niche biasanya lebih dilirik oleh orang untuk menaruh iklan. Artinya, kalau blog kamu terdiri dari satu niche, orang-orang yang memiliki bisnis relate dengan niche kamu akan tertarik untuk menaruh iklan di blog kamu.

Contohnya kamu membangun blog dengan niche properti, nah kalau isi konten blog kamu bagus, otomatis pebisnis properti akan melirik blog kamu. Mereka akan tertarik menaruh iklan di blog kamu.

Karena pada kenyataannya, saat ini banyak para pebisnis yang memilih beriklan di blog ketimbang di media lain. Beriklan di blog memiliki peluang yang lebih banyak dibandingkan di beberapa media lain.

CPC Iklan yang Lebih Tinggi

Inilah mengapa pada poin sebelumnya dikatakan bahwa akan blog micro niche akan lebih banyak menarik pengiklan. Karena selain itu, kelebihan dari blog micro niche juga dapat meningkatkan CPC iklan.

CPC ini merupakan biaya perklik yang ditawarkan oleh pengiklan dan adnsense. Memang banyak hal yang mempengaruhi CPC, dan salah satunya ialah jenis blog yang kamu kelola, micro niche atau gado-gado.

Pada umumnya, CPC blog micro niche lebih besar ketimbang blog gado-gado. Hal ini karena melihat bagaimana relevansi antara niche blog dengan iklan. Pastinya kamu tau bagaimana merelevankan blog gado-gado dengan iklan.

Mendapatkan Pengunjung yang Loyal

Karena blog micro niche cenderung dikunjungi berdasarkan minat dan hobi, maka kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung loyal itu lebih besar dibandingkan dengan blog gado-gado.

Pada umumnya, saat seseorang menemukan solusi di blog kamu atas masalah yang berkaitan dengan minat dan hobinya, mereka akan mengingat blog kamu. Tidak menutup kemungkinan mereka akan mengunjungi blogmu kembali.

Hal itu pastinya harus dibarengi dengan konten yang berkualitas dan benar-benar menjadi solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Jadi upayakanlah kualitas konten secara maksimal.


Cocok untuk Maketing

Tidak dapat dipungkiri bahwa blog micro niche akan lebih mudah digunakan untuk marketing. Topik-topik yang dibahas dalam blog micro niche pastinya lebih terarah dan tertarget.

Artinya arah pembahasan yang ada dalam blog cukup jelas karena ulasan dalam blog cukup spesifik. Nah, kalau kamu memiliki bisnis terkait niche blog kamu atau kamu memang sengaja menyesuaikan dengan niche blog, langkah kamu sangat tepat.

Dengan begitu kamu dapat menentukan arah dan target marketing yang dibidik dengan blog tersebut. Dengan kata lain, blog tersebut bisa kamu jadikan media untuk memasarkan bisnis yang kamu geluti.

Posting Komentar untuk "5 Keunggulan Blog Micro Niche"