Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Jangan Dianggap Remeh! Inilah Pentingnya Blogwalking

Sebagai seorang blogger baik pemula maupun master, kata blogwalking pasti sudah akrab di dunia kamu. Di sana-sini ada banyak disebut soal blogwalking, terutama di grup-grup blogger media sosial, maupun komunitas.

Ada banyak yang sering menyebutkan kata blogwalking, masing-masing sudah paham artinya apa, dan manfaatnya juga apa. Tapi masih ada juga yang belum benar-benar paham tentangnya.

pentingnya-blogwalking

Masih ada beberapa blogger pemula yang belum bisa memanfaatkan blogwalking dengan baik. Kalau kamu termasuk orang yang belum benar-benar paham soal blogwalking, simak deh beberapa pentingnya blogwalking berikut ini:

Jalinan Sesama Blogger

Satu hal terkadang sering disia-siakan oleh para blogger saat mereka melakukan blogwalking, mereka hanya sekedar menanamkan niat agarblog mereka dikunjungi balik. Padahal ada manfaat lain yang bisa didapat.

Jalinan pertemanan sesama blogger untuk lebih akrab itu penting. Karena pada suatu saat pasti kamu akan membutuhkan teman blogger lainnya. Entah itu soal kepentingan blogger maupun di luar itu.

Menambah teman itu bagus, apalagi kalau teman yang memiliki hobi yang sama, pasti mudah relate-nya. Jadi, saat kamu melakukan blogwalking, biasakan komentari kontennya dengan kalimat yang membangun.


Menambah Wawasan Menulis

Hal pertama yang bisa kamu dapatkan dari blogwalking yaitu wawasan yang barangkali belum kamu ketahui sebelumnya. Memang banyak sih orang yang melakukan blogwalking hanya sekedar buka konten dan menyisipkan link.

Sayang sekali kalau sampai kamu termasuk orang yang seperti itu. Suka atau tidak dengan judul konten itu,usahakan membacanya sampai selesai. Siapa tau, ada bagian yang memang kamu belum tau dan kamu butuhkan.

Atau barangkali ada kekurangan di konten tersebut yang bisa kamu koreksi, pastinya harus dengan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung. Dengan begitu, kamu dan penulis bisa saling membuka wawasan.

Menaikkan Traffic

Memang tak bisa dipungkiri, kegiatan blogwalking memberikan manfaat yang nyata buat menaikkan traffic. Bagaimanapun, traffic yang tinggi pada blog menjadi impian besar para blogger.

Nah, perlu kamu ketahui, tidak semua blogwalking bisa menaikkan traffic blog kamu. Mengapa begitu? Karena semua tergantung dari partisipasi kamu saat mengunjungi blog mereka.

Ini sebabnya kenapa kamu harus meninggalkan komentar yang berkualitas, karena mereka menilai komentar kamu. Kalau komentar kamu bagus, otomastis mereka berpikiran kalau konten kamu juga bagus.

Nah, kalau kamu hanya sekedar mengunjungi dan meninggalkan sebuah link, kamu tak akan dapat apa-apa. Jadi, tinggalkan komentar yang membangun, dan sisipkan link serta pengantar artikel yang tulis.

Untuk Baclink

Terkait dengan menaikkan traffic, pasti pikiran kamu akan mengacu pada backlink. Yah, salah satu manfaat yang bisa kamu ambil dari blogwalking ialah mendapatkan baclink gratis dari artikel yang kamu kunjungi.

Sekali lagi hal yang perlu kamu camkan ialah lagi-lagi soal komentar yang berkualitas dan membangun. Tentunya usahakan kamu memberikan komentar dan link pada sebuah blog dengan niche yang serupa sama blog kamu.


Yah, kalaupun tidak sama, tidak juga bermasalah asalkan komentar yang kamu tinggalkan itu berkualitas. Pilih kata-kata yang yang bisa mengajak semua pembaca artikel tersebut untuk berkunjung juga ke blog kamu.

Ada banyak manfaat blogwalking yang bisa kamu ambil. Jangan sampai kamu sebagai blogger melewatkan manfaat kegiatan ini. Dan jangan pula kamu salah mengambil persepsi bahwa blogwalking hanya bermanfaat buat menaikkan traffic. Karena ada banyak hal lebih yang bisa kamu dapatkan.

Posting Komentar untuk "Jangan Dianggap Remeh! Inilah Pentingnya Blogwalking"