iklan header

Mengenal Off-Page SEO dan Peran Pentingnya

Sebagai seorang blogger ataupun pengelola website, pastinya akan paham betul tentang SEO. SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya yang dilakukan untuk menaikkan traffik sebuah blog atau website.

Pada dasarnya, cara melakukan optimasi SEO ada dua macam, yaitu off-page SEO dan on-page SEO. Kedua macam cara ini masih memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan trafik kunjungan.

mengenal-off-page-seo

Dalam tujuan yang sama, tentu keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Selama ini rata-rata, banyak pembahasan yang selalu mengupas tentang on-page SEO, sedangkan cukup minim pembahasan off-page SEO.

Apakah itu artinya off-page SEO tidak terlalu penting? Tentu saja salah. Off-page SEO juga memiliki peran penting dalam mengelola blog maupun website, hanya saja lebih mengarah kepada faktor eksternal website.

Meskipun off-page SEO ini berkaitan dengan faktor luar website, bukan berarti merupakan hal remeh. Nah, untuk menjelaskan itu, ulasan di bawah ini menguraikan tentang perbedaan keduanya dan lebih tepatnya memahami tentang off-page SEO.


Pengertian Off-Page SEO

Off-page SEO merupakan upaya optimasi SEO yang dilakukan dengan memaksimalkan faktor luar website. Faktor-faktor luar ini biasanya meliputi berbagai upaya mempromosikan blog atau website yang kamu kelola.

Salah satu cara yang dilakukan dalam mengoptimalkan off-page SEO ini biasanya dengan mempromosikan webiste atau blog pada media sosial. Caranya, hanya dengan menambahkan fitur media sosial pada blog atau website.

Selain itu, jalan yang biasanya banyak diambil oleh para blogger atau para pengelola website dalam melakukan optimasi off-page SEO ialah dengan link building. Nah, biasanya hal ini memanfaatkan eksternal link atau backlink. 

Perbedaan Off-Page SEO dan On-Page SEO

Setelah sebelumnya kamu banyak memahami tentang apa itu on-page SEO dan pada poin sebelumnya juga dibahas tentang off-page SEO, pastinya sedikit banyak kamu sudah memahami tentang perbedaan keduanya.

Optimasi yang dilakukan dalam on-page SEO ini banyak berkaitan dengan upaya memaksimalkan faktor-faktor internal pada website. Faktor ini meliputi struktur website secara umum beserta kontennya.

Jika tujuan on-page SEO ini mengarah pada indexing Google dan memaksimalkan user experience, maka beda halnya dengan tujuan off-page SEO. Off-page SEO ini lebih mengarah kepada upaya memperkenalkan blog atau website tersebut.

Artinya, kedua teknik optimasi SEO ini sama-sama dilakukan untuk memaksimalkan trafik. Dan kedua teknik ini tidak bisa berjalan efektif jika hanya dilakukan salah satunya, harus sama-sama dijalankan dan saling mendukung.

Jika kedua teknik ini sama-sama kamu lakukan dengan baik, maka pastinya akan mendapatkan hasil yang maksimal. Popularitas dan trafik blog atau webiste kamu akan meningkat.


Peran Penting Off-Page SEO

Visibilitas pastinya menjadi tujuan dan pusat perhatian dalam mengelola website dan blog. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan visibilitas yang baik dalam blog maupun website.

Nah, disinilah peran penting dari off-page SEO, yaitu untuk mendapatkan visibilitas yang tinggi. Jadi, intinya optimasi off-page SEO ini dilakukan untuk mendukung website menemukan pengunjungnya. Teknik-teknik yang dilakukan dalam optimasi SEO ini tak hanya berupa link building, namun juga melalui ajang promosi di media sosial. Saat ini, media sosial merupakan media promosi yang paling efektif.

Jadi kesimpulannya, peningkatan trafik kunjungan blog dan website harus dilakukan optimasi off-page SEO untuk mendukung optimasi on-page SEO. Apalagi untuk website bisnis, maka perlu dilakukan optimasi off-page SEO yang baik.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Off-Page SEO dan Peran Pentingnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel