Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Mengapa Perlu Backup Template dan Artikel Blog?

Sampai saat ini, masih banyak para blogger yang lalai dan menganggap sepele backup template dan artikel pada blognya secara rutin. Padahal dapat dibilang pekerjaan ini tidak sulit, bahkan sangat mudah.

Pekerjaan backup data hanyalah menyimpan data secara rutin, untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan. Backup artikel dilakukan hanyalah untuk menjaga apa yang telah kamu tulis dengan susah payah.

mengapa-perlu-backup-template-dan-artikel-blog


Begitu juga dengan backup template yang juga harus kamu lakukan secara berkala. Misalnya, kamu melakukan perubahan akhir pada template, sebaiknya backup script dan kode html yang telah mengalami perubahan itu.

Nah, jika suatu ketika blog kamu mengalami masalah atau terhapus oleh Google, kamu tidak perlu khawatir karena semua data sudah dibackup. Terkadang Google melakukan hal itu kepada blog tak berdosa.

Hal itu biasanya dilakukan terhadap blog-blog yang seringkali menyalahi aturan. Dan tidak jarang hal itu berimbas kepada blog-blog yang sebenarnya tak berdosa. Ini memang seringkali terjadi.


Untuk mengantisipasi semua resiko yang bisa saja terjadi di kemudian hari, maka kamu harus rajin melakukan backup artikel maupun template pada blog kamu. Caranya tidak sulit, lakukan langkah berikut ini:

Cara Backup Artikel

Untuk melakukan backup artikel, kamu harus masuk ke menu “Setelan”. Kemudian tinggal kamu pilih sub menu “Lainnya” yang dilanjutkan dengan memilih “ekspor blog”. Baru setekah itu klik “unduh blog”.

Dengan langkah-langkah yang kamu lakukan itu, kamu akan mendapatkan file XML. Simpanlah file tersebut di tenpat yang menurut kamu aman. Lakukan backup artikel secara rutin dan berkala.

Kamu bisa melakukannya satu minggun satu kali atau dua minggu satu kali. Tergantung pilihanmu, asalkan jangan membuat rentang waktu yang terlalu lama. Apalagi kalau kamu rajin posting.

Nah, semua file artikel yang kamu simpan itu bisa kamu manfaatkan lagi kalau sewaktu-waktu blog kamu mengalami masalah. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan resiko kehilangan tulisan.

Cara Backup Template Blog

Langkah awal untuk melakukan backup template blog pastinya kamu harus masuk dulu ke blog yang akan kamu backup. Kemudian kamu pilih bagian Template untuk melakukan backup template.

Setelah itu dilanjutkan dengan memilih menu “Cadangkan/pulihkan” pada menu yang tersedia. Setelah memilih menu tersebut, klik button “Unduh Lengkap” untuk memulai pem-backup-an template.

Dengan proses itu, kamu akan mendapatkan file berbentuk xml.file. Simpanlah file tersebut di lokasi penyimpanan yang aman di komputer kamu. Jadi, jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan bisa menggunakannya.

Jika blog kamu tiba-tiba terhapus oleh google, kamu bisa me-restore template seperti blog yang semula. Kamu bisa memilih menu “Unggap Template” untuk mengembalikan atau melakukan restore template.

Gimana menurut kamu, simpel kan? Kamu hanya perlu melakukannya secara rutin dam berkala. Jadi kamu tidak perlu lagi merasa cemas dengan semua template blog dan semua artikel yang kamu tulis.


Kalau kamu melakukan backup secara rutin, kamu bisa memindahkan semua data ke hosting yang baru. Dan kamu bisa mengembalikan keadaan blog seperti semula tanpa harus kehilangan traffic pengunjung.

Asalkan file XML hasil backup dijaga dengan baik. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fasilitas redirect URL, karena dengan hal ini alamat domain yang kamu gunakan tidak ikut terhapus.

Jadi, itulah pentingnya melakukan backup template dan artikel pada blog. Dengan melakukan backup data, kamu tidak perlu lagi merasa takut jika sewaktu-waktu blog kamu terhapus oleh google.

Posting Komentar untuk "Mengapa Perlu Backup Template dan Artikel Blog?"