Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Membangun Blog Bisnis Pendukung Toko Online

Membangun blog bisnis merupakan salah satu cara untuk mendukung toko online. Meskipun tak banyak dilakukan oleh beberapa bisnis, sebagian besar hanya bisnis berskala besar yang melakukan trik ini.

Padahal, sekalipun bisnis yang dikelola berksala kecil, trik ini akan sangat bermanfaat dalam marketing. Sayang sekali jika kamu harus melewatkan trik ini untuk mendukung perkembangan bisnis.

membangun-blog-bisnis-pendukung-toko-online

Memang pada umumnya, ada beberapa keraguan yang dialami pebisnis sehingga tidak membangun blog bisnis sebagai pendukung. Misalnya seperti bingung memilih topik konten, dan sebagainya.

Untuk menjawab keraguan tersebut, dalam artikel ini akan dibahas tentang beberapa tips dalam membangun blog bisnis sebagai pendukung toko online. Berikut ini tipsnya:

Tentukan Niche yang Spesifik

Sama hal dengan berbagai jenis blog lainnya, blog bisnis juga harus memiliki spesifikasi yang jelas. Terlebih lagi untuk mendukung sebuah toko online, niche dari blog bisnis harus spesifik dan relevan dengan toko.

Menentukan spesifikasi niche ini tergantung tujuan kamu membangun blog. Apakah tujuannya itu brand awareness, menambah traffic toko online, atau kah untuk membangun dan mempertahankan reputasi?

Tujuan ini yang menentukan kemana arah konten-konten blog bisnis kamu akan ditujukan. Dengan begitu, kamu akan menemukan siapa yang akan menjadi pembaca kamu dan konten apa yang mereka butuhkan.


Lakukan Riset Keyword

Untuk membangun sebuah blog bisnis, poinnya tak jauh berbeda dengan website toko online itu sendiri, yaitu perlu melakukan riset keyword. Namun tetap saja sekalipun harus relevan, keyword antara keduanya berbeda.

Ketika kamu membuat konten pada blog bisnis, fokuslah kepada pembahasan dari isi konten. Jangan terpengaruh oleh hal apapun sekalipun itu produk kamu agar isi yang ingin kamu sampaikan dalam konten tetap utuh.

Buatlah konten yang berkualitas dan judul yang menarik sehingga mampu mengarahkan pembaca kepada website toko online kamu. Inilah mengapa riset keyword perlu dilakukan sebelum membuat konten.

Usahakan Menghindari Hard-selling

Salah satu kesalahan fatal beberapa bisnis yang membangun blog bisnis sebagai pendukung ialah melakukan hard-selling. Perlu kamu ketahui, hard-selling ini juga bisa membuat blog tidak bekerja maksimal.

Sekalipun tujuan kamu membangun blog bisnis untuk mendukung website toko online, namun bukan berarti kamu melakukan promosi terus-menerus di blog tersebut. Harus tetap ada batasannya.

Kamu harus ingat bahwa blog bisnis tersebut hanyalah pendukung, bukan tempat berjualan. Jadi, sajikan saja konten-konten yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca yang tentunya adalah calon konsumen kamu.

Jadwalkan Waktu Terbit Konten

Salah satu rintangan terbesar dalam membangun dan mengelola blog apapun ialah konsistensi dalam membuat konten. Sedangkan konten itu merupakan asupan yang harus dipenuhi untuk mengembangkan blog.

Ketika konsistensi pembuatan konten ini terhambat, maka sulit blog tersebut untuk berkembang. Ibaratnya, konten ini merupakan asupan makanan dan minuman bagi blog tersebut.

Nah, salah satu cara agar kamu bisa konsisten dalam membuat konten ialah mengatur jadwal terbit konten. Dengan adanya jadwal tersebut, kamu bisa memiliki target penerbitan konten yang harus kamu penuhi.


Kelola Konten Lama

Kehabisan ide dalam membuat konten merupakan hal yang biasa terjadi, apalagi untuk blog mircro niche. Ini memang hal yang kadang tidak bisa kita hidari. Sedangkan kebutuhan konten tetap harus jalan.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengakalinya dengan meng-update konten lama. Kamu hanya perlu mengedit dengan menambahkan atau mengurangi apa yang perlu kamu ubah dalam konten tersebut.

Jadi kamu tidak perlu selalu membuat konten yang baru. Ini lumayan menghemat waktu dan tenaga. Lagi pula meng-update konten lama juga tidak akan merugikan dalam hal SEO.

Posting Komentar untuk "Membangun Blog Bisnis Pendukung Toko Online"