Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Cara Mengatasi Loadspeed yang Melambat

Sudah bukan hal baru lagi bahwa kecepatan halaman atau yang sering dikenal speedpage menjadi salah satu faktor penentu dalam perankingan di halaman Google. Terlebih lagi untuk pencarian versi mobile.



Jadi tak heran banyak pemain SEO yang mulai bertindak untuk menyupayakan percepatan pagespeed pada website dan blog mereka. Kalau kamu juga tidak ingin tertinggal dengan hal ini, segera lakukan seperti yang mereka lakukan.
cara-mengatasi-loadspeed-yang-melambat

Terkait dengan loadspeed yang melambat, biasanya ada beberapa hal yang menjadi kendala di dalamnya. Kendala ini biasanya seperti respon server yang lambat, tidak adanya kompresi dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu harus melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kecepatan loadspeed pda website atau blog kamu. Berikut ini cara yang paling simpel:

Kompresi Zip

Mengopresi zip salah satu cara untuk mengatasi loadspeed pada halaman website. Karena dalam hal ini, server mengirimnya dari website ke brower dengan versi zip.

Dengan versi zip ini, pastinya kamu tahu bahwa ukurannya menjadi lebih kecil. Dan barus setelah itu sampai di user dengan loading yang sangat lebih cepat.


Perkecil CSS dan Javascript

CSS dan javascript yang diperkecil juga menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mempercepat loadspeed pada website atau blog yang kamu kelola.

Dengan memperkecil CSS dan javascript, file akan terus diload pada saat user mengunjungi website atau blog Anda. Caranya memang butuh skill coding, tapi kamu bisa pakai tools.

Pakai Plugin Cache

Untuk mempercepat loadspeed pada website atau blog yang kamu kelola bisa pakai plugin cache. Dan saat ini banyak plugin populer yang bisa kamu pilih.

Jadi intinya, plugin cache ini berfungsi untuk menyediakan file statis ke user. Nah, dengan begitu request file ke server website menjadi lebih sedikit.

Kompresi Gambar

Melakukan kompresi gambar juga merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi loadspeed yang lambat. Karena bagaimanapun, ukuran gambar yang berat akan menjadikan beban bagi website atau blog.

Dan pada umumnya, gambar merupakan salah satu file paling besar di halaman webseite atau blog. Yah, pastinya selain untuk file banner dan bagian header.

Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk mengompresi gambar-gambar, biasanya menggunakan tools editor foto. Kamu bisa memilih sesuai yang kamu suka.

Hapus Elemen Tak Penting

Ada beberapa elemen dalam website atau blog yang biasanya tidak terlalu penting dan tetap dipelihara. Misalnya seperti beberapa widget yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Banyaknya widget yang ada di dalam website atau blog bisa menjadi salah satu faktor melambatnya loadspeed. Selain itu, header yang berukuran terlalu besar juga bisa menjadi faktor melambatnya loadspeed.

Jadi, usahakan minimalisir penggunaan elemen-elemen pada website atau blog. Buang saja widget-widget tak penting. Dan pakailah header dan background yang ringan pada website atau blog.


Pilih Hosting yang Berkualitas

Hosting yang berkualitas pastinya hosting kuat. Memilih hosting yang berkualitas merupakan opsi yang dapat kamu pilih untuk meningkatkan loadspeed pada website atau blog kamu.

Sekalipun ini merupakan pilihan yang tak wajib, namun tetap saja sangat dianjurkan. Karena hosting yang kuat dapat membantu kecepatan loading pada halaman website atau blog.

Nah, itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi loadspeed wesite dan blog yang melambat. Ingat, loadspeed ikut menentukan ranking website dan blog di halaman Google.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Loadspeed yang Melambat"