Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Cara Jitu Optimasi SEO pada Website Toko Online

Jaman yang serba digital seperti sekarang ini website toko online sudah tidak terhitung jumlahnya. Banyak. Bahkan sangat banyak. Tapi, apakah semuanya terbilang sukses dan mendapatkan omset melimpah? Tidak banyak.

Yah, sekalipun banyak toko online yang beredar, tak semuanya dapat dikatakan sukses. Salah satu faktor yang membuat toko online mereka tidak berkembang ialah karena salah dalam penerapan SEO.

cara-jitu-optimasi-seo-pada-website-toko-online

Bahkan ada beberapa dari mereka yang terlalu mengabaikan optimasi SEO, terlalu mengambil apa kadarnya. Padahal membangun toko online perlu mengoptimalkan SEO pada website mereka.

Nah, bagaimana caranya melakukan optimasi SEO pada website toko online? Berikut ini beberapa caranya:

Buat Struktur Website yang Profesional

Struktur website merupakan pondasi dasar dalam membangun website toko online. Karena secara teknis, struktur website ini sangat berpengaruh besar terhadap pencarian dan perankingan dalam Google.

Selain berpengaruh dalam pencarian Google, struktur website juga sangat mempengaruhi user experience. User experience yang baik akan membantu kamu dalam mendapatkan pelanggan.

Karena bagaimanapun, pelanggan akan mempertimbangkan kenyamanan saat mengunjungi toko online kamu. Jadi, jangan asal-asalan dalam merancang struktur website, lengkapi dan susunlah layout dengan rapi.


Melakukan Riset Keyword

Keyword selalu menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam mengoptimalkan SEO pada website, entah itu website ecommerce maupun bukan. Karena keyword merupakan hal dasar dari perncarian organik.

Tanpa pemilihan keyword yang tepat, website toko online kamu sulit untuk terdeteksi oleh mesin pencari. Bahkan bisa jadi toko online kamu tak akan pernah bisa ditemukan oleh para calon konsumen.

Untuk mencari keyword yang cocok untuk ecommerce sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya perlu melakukan riset beberapa kata yang berpotensi dalam pencarian jual-beli untuk dijadikan keyword utama.

Beberapa kata yang biasanya berkaitan dengan ecommerce seperti jual, beli, promo, harga, dan lain sebagainya. Kemudian dengan kata utama yang kamu temukan bisa kamu kombinasikan dengan beberapa kata agar keyword lebih panjang.

Deskripsikan Produk

Untuk melakukan optimasi SEO pada website toko online, kamu perlu menyisipkan keyword pada setiap deskripsi produk. Akan tetapi, hal ini tetap tidak cukup dalam ecommerce SEO yang maksimal.

Kamu juga harus mempertimbangkan panjang deskripsi dari setiap produk, karena Google juga mempertimbangkan panjang dari setiap konten. Itulah sebabnya mengapa deskripsi produk juga harus diperhitungkan.

Di sisi untuk kepentingan indexing Google, deskripsi juga sangat mempengaruhi user experience calon konsumen. Deskripsi yang jelas dan lengkap bisa memudahkan calon konsumen dalam menilai produk kamu.

Beri Kolom Review Pelanggan

Percaya atau tidak, review pelanggan berpengaruh terhadap SEO website toko online. Namun pengaruh besar dari review pelanggan ialah dalam segi marketing karena inilah cara yang paling ampuh.

Pelanggan pasti cenderung mempercayai review pelanggan dibanding deskripsi dari kamu. Trik ini juga bisa meringankan beban kamu, kamu tak lagi harus membuat konten yang sangat panjang karena terbantu tulisan dari pelanggan.


Selalu Update Halaman Produk

Melakukan optimasi ecommerce SEO tak sesederhana SEO on-page seperti biasanya. Kamu harus melakukan beberapa teknik lain, salah satunya ialah selalu update terhadap setiap halaman.

Untuk melakukan updating halaman produk pada website pastinya berbeda dengan media sosial. Di website kamu tidak perlu menghapus konten karena itu bisa berdampak buruk terhadap ranking Google.

Dalam hal ini, kamu hanya perlu menambahkan keterangan “Sold Out” atau “Habis” pada setiap produk yang sudah kehabisan stok. Jadi, konten tersebut tidak hilang dan tidak akan menggganggu ranking Google.

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Optimasi SEO pada Website Toko Online"