Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

5 Teknik Penerapan Keyword dalam Website Toko Online

Secara umum, jenis-jenis keyword memang terbagi atas keyword pendek (short tail) dan keyword panjang (long tail). Namun untuk penggunaan dalam strategi marketing online, keyword dibedakan lagi dengan beberapa macam.

Untuk membangun website toko online, tentunya kamu harus memperhatikan berbagai teknik SEO marketing. Nah, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam teknik SEO ialah penerapan keyword.

5-teknik-penerapan-keyword-dalam-website-online-shop

Ada beberapa teknik yang harus dilakukan agar keyword bisa berfungsi secara maksimal. Berikut ini beberapa teknik dalam menerapan keyword dalam website toko online:

Menggunakan Nama Produk

Trik pertama yang paling banyak diterapkan dalam SEO marketing ialah menggunakan keyword dengan nama produk. Jenis keyword yang digunakan dalam cara ini terdapat nama produk di dalamnya.

Misalnya, keyword dengan menyisipkan kata “celana jogger” dalam keyword. Nah, keyword seperti ini ditujukan bagi user yang mencari sebuah produk tanpa memiliki rekomendasi menganai brand yang akan dia pilih.

Jadi, dia hanya mengetikkan nama produk yang akan dia beli tanpa memiliki referensi yang jelas mengenai tipe maupun brand-nya. Keyword ini memang sangat umum dan banyak saingan untuk muncul di mesin pencari.


Menggunakan Nama Brand

Cara yang satu ini menggunakan keyword dengan menyisipkan nama sebuah brand atau merek di dalamnya. Sayang sekali, tidak semua perusahaan dapat menggunakan teknik penerapan keyword ini.

Karena marketing dengan teknik ini pastinya harus digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki brand. Terlebih lagi untuk perusahaan yang sudah memiliki brand terkenal.

Dan disarankan pula bagi perusahaan yang memiliki popularitas  brand menengah ke bawah untuk tidak menggunakan teknik ini. Mengapa? Karena teknik ini mengandalkan popularitas brand.

Menggunakan Perbandingan Produk

Teknik menerapkan keyword dalam SEO marketing yang satu ini memang lebih rumit dari cara lainnya. Karena teknik ini harus memahami spesifikasi dari kedua produk atau brand yang dibandingkan.

Sebelum itu, harus dilakukan riset yang panjang terlebih dahulu untuk dapat mengulasnya menjadi sebuah konten marketing yang efektif. Dengan ulasan tersebut, calon membeli mendapat keputusan final.

Contoh penerapan keyword pada teknik ini misalnya menggunakan keyword “Vivo S1 vs Samsung S10”. Nah, dengan keyword pembandingan tersebut, marketing menjadi lebih meningkat.

Solusi Atas Masalah

Keyword yang satu ini mengandung solusi atas sebuah permasalahan atau keresahan yang dialami oleh calon konsumen. Terlebih lagi atas permasalahan atau keresahan yang mendesak.

Contoh misalnya, kamu mempromosikan produk obat-obatan, maka buat keyword yang berisi solusi terkait dengan obat-obatan sebagai solusinya. 

Contoh kasusnya, orang yang mengalami kecelakaan kecil berupa luka bakar. Pada umumnya mereka mencari informasi tentang pengobatan luka bakar. Maka Google akan menampilkan konten terkait cara pengobatan luka bakar.


Menggunakan Keyword Spesifik

Penerapan keyword dalam teknik yang satu ini yang memuat informasi yang sangat spesifik pada produk. Keyword tersebut misalnya mengenai seri, model, kode produk atau berbagai hal spesifik lainnya.

Teknik ini pasti ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. Keyword ini lebih cocok dipakai oleh brand-brand besar yang sudah sangat populer. Karena hal spesifik tersebut harus sudah nempel di ingatan para konsumen.

Bukan berarti keyword yang sangat spesifik tidak ada yang mencari. Bisa jadi mereka sudah niat dari awal ingin membeli produk yang diinginkan. Nah, karena keyword ini mengandung hal yang sangat spesifik, maka persaingan di mesin pencarian sangat minim.

Posting Komentar untuk "5 Teknik Penerapan Keyword dalam Website Toko Online"