Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

4 Teknik Penting dalam Optimasi Off-Page SEO

Dalam dunia SEO, ada dua teknik yang dapat diupayakan untuk mengoptimalkan kualitas dan popularitas sebuah website, yaitu on-page SEO dan off-page SEO. Kedua ini tentu memiliki peran yang berbeda meskipun berada dalam tujuan yang sama.

Untuk mencapai hasil optimasi SEO yang maksimal, kedua teknik ini harus dilakukan secara tepat. Yang pasti, upayakan dulu untuk menyelesaikan optimasi on-page SEO sebelum off-page SEO.

4-teknik-penting-dalam-optimasi-off-page-SEO

Jika optimasi on-page SEO sudah matang, maka off-page SEO juga harus dimaksimalkan. Gimana caranya melakukan teknik optimasi off-page SEO secara maksimal? Berikut ini tekniknya:

Link Building

Link building tentunya menjadi poin paling dasar dalam melakukan langkah-langkah optimasi off-page SEO. Teknik yang satu ini cukup populer di kalangan pengelola website dan terbilang cukup efektif.

Salah satu cara link building yang paling sering dilakukan ialah melakukan backlink. Akan tetapi, kamu tidak bisa sembarangan membangun backlink, pastikan kamu mendapatkan backlink yang berkualitas.

Backlink yang berkualitas tentunya memiliki relevansi antara konten yang menjadi sumber backlink dengan konten yang menjadi tujuan alamat backlink. Jika tidak begitu, maka reputasi website kamu akan rusak.

Jadi, sebelum kamu memilih website yang ingin kamu dapatkan backlinknya, pastikan dulu tentang kualitas website sumber. Pertimbangkan relevansi, PA atau UR serta DA atau DR. Inilah yang harus menjadi prioritas dalam melakukan backlink.


Bagikan di Sosial Media

Memang, pada faktanya Google menyatakan bahwa share di media sosial tidak memiliki pengaruh langsung untu SEO. Artinya, hal ini bukanlah faktor yang berpengaruh langsung dan tidak ada pengaruhnya perankingan.

Akan tetapi, meskipun tidak memberikan pengaruh langsung, bukan berarti membagikan di media sosial tidak memiliki manfaat. Dalam optimasi off-page SEO tetap memiliki peran penting meskipun tidak secara langsung.

Ketika kamu membagikan konten kamu di media sosial, maka ini menjadi peluang besar untuk menjangkau pembaca. Semakin banyak orang yang membagikan konten kamu, maka peluang kunjungannya juga semakin besar.

Jadi, sekalipun dampaknya tidak secara langsung seperti link building, teknik ini tetap memberikan pengaruh yang sangat besar. Ini menjadi teknik yang cukup efektif untuk melakukan optimasi off-page SEO.

Lakukan Local SEO

Local SEO juga menjadi perhatian penting untuk para pengelola website sekarang ini. Semakin mudahnya mengakses internet menjadi dampak yang berbeda dengan permainan SEO sebelumnya.
Maraknya penggunaan smartphone pastinya menjadi faktor pendukung utama local SEO. Local SEO ini sama dengan teknik SEO biasa, hanya saja local SEO ini memberikan hasil yang berkaitan dengan lokasi user.

Nah, dengan melakukan local SEO, ini menjadi trik tersendiri dalam mengundang pembaca untuk mempir di konten kamu. Karena saat ini kebanyakan user cenderung memilih berdasarkan lokasi, terlebih lagi untuk konten penjualan.


Share di Forum

Teknik yang satu ini memang terbilang teknik yang kuno. Akan tetapi, sampai saat ini masih banyak orang-orang yang melakukannya. Yah, karena sedikit banyak hal ini tetap memberikan pengaruh.

Ketika kamu berbagi link di sebuah media forum, biasanya mereka akan saling mengunjungi yang diistilahkan dengan blogwalking. Begitu pun sebaliknya, kamu mengunjungi halaman mereka ketika mereka membagikan link.

Hal ini tentu memberikan manfaat yang lebih, yaitu dengan mendapatkan informasi tambahan dan saling berbagi ilmu. Sekalipun ini cara kuno, tak ada salahnya jika kamu mencobanya, tetap akan memberikan manfaat.

Posting Komentar untuk "4 Teknik Penting dalam Optimasi Off-Page SEO"