Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Tips Memilih Template yang Cocok untuk Blog Kamu

Template termasuk salah satu bagian terpenting bagi blog karena sangat mempengaruhi kenyamanan para pengunjung blog. Selain untuk meningkatkan user experience, template juga berpengaruh terhadap mesin pencari.

Tak heran kalau banyak blogger yang sering merasa kebingungan saat mencari template yang pas untuk blognya. Karena saat ini ada banyak template yang bisa kamu pakai, baik yang gratis maupun yang berbayar.


Mau gratis ataupun berbayar, kamu harus mempertimbangkan berbagai hal yang mempengaruhi perkembangan blog. Nah, seperti apa sih template blog yang tepat? Berikut ini tipsnya:

Template yang Mobile Friendly

Pernah mendengar Mobile SEO? Mobile SEO merupakan cara mengoptimalkan blog atau website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari pada pengunjung yang masuk melalui perangkat mobile.

Semua itu didasarkan pada pengguna yang semakin dekat dengan perangkat mobile bernama smartphone. Akibatnya, pengguna yang masuk melalui perangkat dekstop hanya sepersekian dari pengguna yang masuk melalui perangkat mobile.

Ini menjadi tantangan baru bagi para blogger. Dan untuk menjawab itu semua, kamu harus mengoptimalkan template blog yang mobile friendly. Pilih template yang memiliki tampilan sesuai dengan perangkat mobile.

Pastikan User Friendly

Salah satu hal yang mendukung  template blog yang baik dan cocok, template tersebut juga harus user friendly. Pengunjung akan betah berlama-lama di blog kamu kalau tampilannya nyaman dilihat.

Kamu tidak perlu memilih template yang terbilang mewah namun tidak ramah terhadap pengguna. Pilih saja desain yang sederhana, tidak rumit, namun masih nampak elegan dengan warna yang ramah di mata.

Selain itu, usahakan memilih font yang juga nyaman saat dibaca, jangan terlalu memilih model font yang rumit saat dilihat. Karena hal ini juga sangat berpengaruh terhadap user experience.

Harus Responsif

Tak jauh dari desain yang nyaman di mata, template blog yang baik dan SEO friendly pastinya harus responsif. Responsif ini tidak jauh dari poin sebelumnya yang ramah terhadap user.

Template blog yang responsif memiliki tampilan yang fleksibel dan ramah terhadap semua perangkat, baik untuk perangkat dekstop maupun mobile. Artinya template blog dapat menyesuaikan ukuran dengan perangkat.

Tidak baik kalau kamu cuma menyesuaikan tampilan template blog pada ukuran dekstop, setelah dibuka pakai smartphone tampilannya akan nampak amburadul. Ini sangat perlu kamu pertimbangkan.

Ringan dan Loading Cepat

Loading speed sangat mempengaruhi user experience. Kebayang kan gimana kesalnya kamu kalau harus menunggu loading yang terlalu lama saat mengunjungi sebuah blog? Kemungkinan besar kamu akan keluar dari blog.

Dan ini sangat penting untuk kamu perhatikan saat memilih tenplate blog. Loading speed yang lambat, biasanya disebabkan karena template yang terlalu berat hingga memberikan beban yang lebih berat terhadap loading speed.

Nah, agar loading speed bisa berjalan cepat, sebaiknya pilih template yang ringan. Untuk mengetahui tentang loading speed, kamu bisa menggunakan beberapa tools untuk mengeceknya.

Desain Layout Sesuai Kebutuhan

Selain hal di atas, hal terpenting dalam memilih tenplate yang cocok ialah menyesuaikan layout terhadap kebutuhan. Semua tergantung blog tersebut kamu rancang buat apa dan niche apa yang kamu pilih.

Semua itu berpengaruh terhadap logo, warna, model tulisan, ukuran dan sebagainya. Pastikan semua letak dan kombinasi berbagai objek berada pada posisi yang tepat. Dan kombinasikan warna secara epic dan sesuai dengan niche yang kamu pilih.


Posting Komentar untuk "Tips Memilih Template yang Cocok untuk Blog Kamu"