Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Kamu Blogger Pemula? Hindari Kesalahan Fatal Ini!

Kalau tau manisnya menjadi seorang blogger, pasti hampir semua orang akan tergiur untuk menjadi seorang blogger. Pekerjaan yang terlihat ringan dan mudah, namun hasil yang cukup memuaskan.

Padahal, terlepas dari itu semua, ada banyak hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama soal niat. Kenapa saya bilang begitu? Karena kebanyakan saat ini, orang ingin blogger bukan karena suka menulis, tapi lebih melihat prospek mendapat penghasilan.

kamu-blogger-pemula-hindari-kesalahan


Yah, mengharap penghasilan tidaklah salah, hanya saja kurang tepat rasanya kalau dijadikan landasan untuk blogging. Hal ini memang sudah banyak dibahas, tapi masih tetap saja ada beberapa blogger pemula yang menanamkan mental seperti itu.

Baca juga : Mengetahui Beberapa Sumber Penghasilan Blogger

Jadi, kalau kamu seorang pemula, tanamkan niat yang tepat terlebih dahulu sebelum memulai. Untuk itu, hindari beberapa kesalahan berikut yang dapat berakibat fatal:

Kurang Mendalami Dunia Blogging

Minimnya pengetahuan tentang blogging merupakan kesalahan paling fatal yang dilakukan seorang blogger pemula. Gimana bisa kamu akan menekuni sesuatu sedangkan kamu belum benar-benar mengenalnya secara dalam.

Sebelum memulai langkah menjadi seorang blogger, sebaiknya perbanyak dulu pengetahuan tentang blogging. Dengan begitu, kamu akan menemukan panduan dan kamu tidak melangkah dalam keadaan tertutup.

Perbanyak mencari informasi tentang langkah-langkah atau cara mebuat dan membangun sebuah blog, pelajari beberapa tips menjadi seorang blogger, dan banyak hal lainnya. Yang pasti harus menguasai itu semua secara teori.

Salah Memilih Template

Kesalahan kedua yang berakibat fatal bagi seoarang blogger pemula ialah gegabah dalam memilih template. Kebanyakan dari mereka asal saat memilih template untuk dipasang pada blog mereka.
Padahal, dalam dunia blogging, template banyak mengambil bagian penting dalam menguatkan persaingan dengan website dan blog lainnya. Pilihlah template yang responsif terhadap user, bila perlu kamu beli.

Terlalu Terpatok pada Materi Saat Membuat Konten

Selain memperhatikan masalah pemilihan template untuk tampilan blog, konten juga mengambil bagian yang tak kalah pentingnya. Terkadang banyak blogger pemula yang terlalu asal membuat konten, tanpa mempertimbangkan isi.

Dalam membuat konten, kamu juga jangan terlalu fokus dengan materi sehingga membuat kamu buntu dalam menemukan kata-kata. Biarkanlah kata-kata mengalir apa adanya, nanti materi juga akan ikut mengalir dengan sendirinya.

Baca juga : Cara Memberikan Akses Kontrol Penulis di Blog

Meskipun materi wajib kamu jadikan landasan, bukan berarti hal itu mengambil kendali atas apa yang ingin kamu sampaikan. Jadi lepaskan apa yang ingin kamu tulis dalam konten tersebut, jangan terlalu terpatok dengan materi yang ingin kamu sampaikan.

Terlalu Ambisius dengan Adsense

Ini merupakan kesalahan fatal dan membuat banyak para blogger mundur dari dunia blogging, bahkan para blogger senior pun. Ketika seorang blogger pemula sudah terlalu ambisius dengan adsense, mereka cenderung melakukan pelanggaran.

Jadi, lebih baik fokus saja terhadap kualitas konten yang kamu sajikan. Pikirkan bagaimana cara mengembangkan blog kamu dengan baik. Biarkanlah penghasilan yang kamu dapatkan mengalir dengan usaha yang sehat.

Tidak Konsisten Menulis

Tidak konsisten menulis merupakan kesalahan fatal yang paling banyak dialami oleh blogger pemula. Pada tahap awal, memang sulit untuk membangun konsistensi dalam menulis. Memang perlu adanya pemaksaan untuk menjadi disiplin.

Akan tetapi, ini akan menjadi awal yang baik untuk membuka keterbiasaan. Lambat laun, kamu akan terbiasa dengan semua agenda yang awalnya kamu lakukan secara terpaksa. Setidaknya, di tahap awal kamu buat jadwal atau agenda sendiri untuk menulis konten.

Semua kesalahan-kesalahan ini memang nampak remeh. Akan tetapi ini bisa menjadi hal yang fatal jika kamu biarkan. Memperbanyak informasi dan selalu konsisten adalah kunci utama dalam dunia blogging.

Posting Komentar untuk "Kamu Blogger Pemula? Hindari Kesalahan Fatal Ini!"