Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

Fungsi dan Jenis Anchor Text untuk Optimasi SEO

Anchor text bukan lagi istilah yang asing dalam dunia SEO. Akan tetapi ini menjadi hal yang seringkali terabaikan dalam permainan SEO. Padahal, anchor text ini memiliki peran penting dalam pengoptimalan SEO.

Sebelum membahas lebih jauh tentang peran penting anchor text ini, kita ingat kembali tentang arti dari istilah anchor text ini. Karena dengan lebih memahami artinya, kita lebih memahami strukturnya.

fungsi-dan-jenis-anchor-text

Jadi, anchor text ini merupakan sepotongan text yang digandrungi dengan link di baliknya. Artinya, sepotongan text ini bisa diklik dan mengarahkan pengguna kepada link yang dipasang pada potongan text ini.

Anchor text ini biasanya memiliki bentuk yang berbeda dengan text lainnya. Biasanya anchor text ini ditandai dengan perbedaan warna maupun perbedaan model, kadang bercetak tebal, kadang miring kadang pula bergaris bawah.

Fungsi Anchor Text

Nah, pada prinsipnya, anchor text ini digunakan untuk melakukan pengoptimalan SEO pada website. Banyak pemain SEO yang memainkan anchor text untuk menaikkan ranking website mereka di halaman google.

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata Google memanfaatkan anchor text untuk mendapatkan informasi mengenai laman sebuah website. Di mata google, anchor text ini merupakan deskripsi dari isi sebuah halaman.


Jenis-jenis Anchor Text

Jenis-jenis anchor text itu banyak, mereka menggunakan sesuai dengan tujuan mereka. Beberapa jenis anchor text yang paling sering digunakan ialah sebagai berikut:

Exact-match

Exact-match ini merupakan jenis anchor text yang menggunakan potongan text sama persis dengan tautan yang dilampirkan di dalamnya. Artinya, potongan text yang dipakai sebagai anchor merupakan potongan text penuh pada tautan.

Contohnya, Anda akan melampirkan tautan “Tips Mencuci Mobil” maka Anda menggunakan anchor text “Tips Mencuci Mobil” juga. Jadi, kedua potongan teks sama persis tanpa ada pengurangan maupun penambahan.

Partial-match

Berbeda halnya dengan exact-match, partial-match merupakan jenis anchor yang hanya menampilkan sebagian potongan text pada tautan yang terlampir. Artinya potongan text pada tautan tidak sepenuhnya digunakan.

Misalnya, Anda ingin melampirkan tautan dengan judul “Cara Memakai Make Up Tanpa Ribet” dan kemudian Anda menggunakan potongan text “Cara Memakai Make Up” sebagai anchor text.

Naked Link

Jika kedua jenis anchor text sebelumnya menyisipkan potongan text bagian judul dari tautan yang dilampirkan, maka beda halnya dengan jenis anchor text yang satu ini. Jenis anchor text yang satu ini berupa link.

Link yang dimaksud ialah link dari tautan yang hendak Anda lampirkan. Jadi, anchor text yang disisipkan itu berupa link murni dari tautan yang akan dilampirkan, tanpa ada potongan text pengganti.

Branded

Pernah melihat sebuah anchor text yang berupa nama dari sebuah perusahaan atau sebuah merek? Jika Anda pernah melihat itu, Anda harus tau bahwa jenis anchor tersebut ialah anchor text jenis branded.

Yah, sebagaimana umumnya, anchor text ini banyak digunakan untuk website bisnis. Penggunaan anchor text jenis ini sebenarnya aman-aman saja asalkan tidak menggunakan nama brand website itu sendiri.

Generic

Nah, jenis anchor generic ini juga sering kita jumpai di berbagai halaman website. Anchor text generic ini biasanya berupa sebuah petunjuk atau perintah. Misalnya “download” atau “klik di sini”.

Jadi, anchor text memiliki peran yang sangat penting dalam pengoptimalan website. Ini bisa memberikan hasil yang maksimal jika Anda dapat mengelolanya secara tepat. Tentunya relevansi merupakan hal yang harus diutamakan. 

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Jenis Anchor Text untuk Optimasi SEO"