iklan header

Cara Membuat Artikel Berkualitas untuk Pembaca Sekaligus SEO Friendly

Ingin para pembaca betah berkunjung di blog kalian, maka salah satunya yaitu cara membuat artikel berkualitas, agar pengunjung tidak bosan membaca artikel yang ada di blog kalian. Saat ini pun dalam membaca struktur dan isi dari sebuah artikel, google semakin pintar loh. Sehingga dapat membedakan mana artikel sampah atau spam dan mana artikel yang berkualitas.

cara-membuat-artikel-berkualitas-dan-seo-friendly


Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian sebagai Blogger untuk menguasai skill dalammembuat artikel yang berkualitas untuk para pembaca sekaligus artikel SEO friendly yang dapat bersaing dengan yang lain di halaman pertama Google.

Agar mudah di optimasi SEO nya, maka artikelnya harus memiliki kualitas yang tinggi. Akan tetapi, jika artikel yang sengaja dibuat mengikuti langkah-langkah atau aturan SEO, belum tentu artikel tersebut berkualitas malah terkadang sangat sulit untuk dibuat berkualitas. Jadi, menurut kami, kalian harus fokus membuat artikel yang berkualitas untuk pembaca (tugas pertama). Setelah itu, baru di optimasi SEO nya agar lebih optimal.

Lupakan SEO

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya di atas, bahwa tugas pertama yaitu membuat artikel berkualitas. Bukan malah mengoptimasi dari sisi SEO nya. Jadi awal proses kalian membuatan artikel, coba lupakan SEO terlebih dahulu dan fokus membuat artikel yang berkualitas.
Lupakan masalah penempatan kata kunci, sudah berapa banyak penyebaran kata kunci serta teknik lainnya yang pernah kalian pelajari.

Nanti juga ada tahapan-tahapannya, dimana dari sisi SEO akan mengoptimasi artikel kalian yang sudah selesai tersebut. Dan prosesnya sangat mudah kok, tidak terlalu banyak perubahan yang dilakukan.

Mencari Ide

Sudahkah kalian melepaskan pikiran dari hambatan SEO? Mari kita lanjutkan langkah kedua adalah mengeksplorasi ide-ide artikel. Apa yang ingin kalian tulis? Apa topik blog kalian?
Saat membuat blog kalian sendiri, kalian harus menentukan topiknya, bukan? Berarti, ide tulisan kalian harus dalam topik blog. Jadi, kalian harus mengeksplorasi ide artikel tentang topik tersebut dan biasanya bertukar pikiran sendiri. Tuliskan apa saja di otak kalian, berikut ini beberapa ide yang dapat kalian gunakan :
  • Cara mengoptimalkan artikel SEO di blog
  • Cara mendapatkan uang dari blog
  • Cara berjualan online menggunakan blog
  • Tips untuk meningkatkan pengunjung blog
  • Panduan untuk membuat blog dari awal
  • Pilih WordPress atau Blogspot?

Cukup tulis beberapa ide untuk pilihan kalian. Baru setelah itu kalian menentukan ide yang mungkin sesuai untuk pembaca atau topik tersebut sedang hangat / dibutuhkan oleh pembaca.

Apabila kalian kesulitan untuk melakukan brainstorming sendiri, kalian dapat mencoba beberapa cara lain, misalnya survei ke teman di media sosial kalian atau intip isi blog pesaing. Dari 2 cara alternative tersebut, kami yakin kalian bisa mendapatkan ide posting.

Riset Ide

Kalian perlu tahu ide atau topik yang akan kalian pilih, adakah yang mencari di Google? Apakah ada peminatnya? Tidak ada gunanya kalian membuat artikel apabila tidak ada yang membacanya. Oleh karena itu, kalian perlu melakukan riset. Apa yang sedang diteliti adalah dua hal, cari tahu berapa banyak pencarian topik per bulan dan cari tahu apa kata kunci yang diketik pembaca untuk topik tersebut.


Kalian dapat menggunakan alat penelitian dari salah satu pakar SEO dunia yaitu Neil Patel. Nama alat ini adalah Ubersuggest dan kalian dapat menggunakannya secara gratis.
Itulah beberapa cara membuat artikel berkualitas untuk pembaca sekaligus SEO friendly. Semoga dapat membantu kalian dalam membuat artikel dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Artikel Berkualitas untuk Pembaca Sekaligus SEO Friendly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel