Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan header

4 Alasan Mengapa Harus Mengoptimalkan Mobile SEO

Kepopuleran menggunakan smartphone banyak mempengaruhi dunia internet. Sebagian besar pengunjung web merupakan pengguna yang berkunjung melalui mobile. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa untuk membuat wesite kita berada di urutan atas pada halaman Google, pastinya harus ada pengoptimalan SEO.

4-alasan-mengapa-harus-mengoptimalkan-mobile-seo

Sekarang ini, untuk melakukan optimasi SEO sudah sedikit berbeda dengan beberapa tahun silam sebelum populer istilah mobile SEO. Karena saat ini dalam mengakses internet lebih banyak pengguna mobile dibandingkan pengguna dekstop, maka mau tidak mau kita harus berubah. 

Nah, agar lebih jelas lagi, sebaiknya pahami beberapa alasan penting mengapa para blogger harus mengoptimalkan mobile SEO berikut ini:

Mengupayakan Page One di Google

Alasan utama dalam optimasi SEO pastinya karena ingin mengupayakan rangking pertama pada halaman Google. Tanpa mengoptimalan SEO, konten-konten website akan sulit terindex oleh mesin pencarian Google. Jadi, rangking Google merupakan alasan utama dan yang paling umum untuk melakukan optimasi SEO, baik mobile maupun dekstop.

Selain mengejar rangking pertama pada halaman google, optimasi mobile SEO juga mengupayakan website Anda ramah terhadap pengguna perangkat mobile. Dengan begitu, website Anda akan mudah untuk diakses, nyaman dilihat dan dibaca, dan tentunya akan memberikan user experience yang baik.



Meningkatnya Pencarian Melalui Perangkat Mobile

Mengabaikan mobile SEO dalam mengelola website merupakan kesalahan yang cukup fatal. Karena pada kenyataannya, hampir seluruh bagian dari semua pengguna internet yang mengankses internet melalui perangkat mobile. Hal ini dikarenakan mengingkatnya pengguna smartphone di dunia.

Mereka lebih suka dan sering menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Mungkin sebelumnya, mereka hanya menggunakan smartphone untuk mengakses berbagai aplikasi. Akan tetapi, untuk saat ini mereka juga lebih senang melakukan pencarian Google melalui smartphone.

Perubahan Algoritma Google

Tak dapat dipungkiri bahwa Google merupakan pesin pencari yang paling banya digunakan di perangkat mobile, meskipun banyak pula digunakan di dekstop. Dengan adanya fakta tersebut, membuat Google mulai merubah sistemnya. Google mulai melakukan perubahan pada algoritma pencariannya.

Google melakukan perubahan dengan memodifikasi algoritmanya dengan memprioritaskan untuk pengguna perangkat mobile. Google lebih mengoptimalkan pencariannya terhadap pengguna yang mengakses melalui perangkat mobile. Jadi, jika website Anda ingin berada pada rangking teratas Google, jangan abaikan mobile SEO.

Google Menggunakan Mobile-First Indexing

Satu hal penting yang harus Anda ketahui bahwa dalam algoritmanya Google menggunakan Mobile-First Indexing dalam melakukan pencarian. Mobile-First Indexing  ini merupakan algoritma baru yang digunakan dengan memprioritaskan pengguna melalui seluler. Google sudah mulai melucurkan algoritma barunya pada tahun 2017 lalu.

Jika Anda melakukan pencarian menggunakan perangkat apapun, hasil yang Anda dapatkan merupakan hasil dari pencarian untuk perangkat mobile. Jadi, hal inilah yang menyebabkan website dengan pengoptimalan SEO versi dekstop akan sulit terindeks oleh mesin pencarian Google.


Website yang hanya dioptimalkan dengan SEO versi dekstop akan dipaksa menyesuaikan untuk versi mobile-nya. Sedangkan pada website yang sudah melakukan pengoptimalan mobile SEO, akan mudah terindeks. Dan dengan Mobile-First Indexing, pencarian dan perangkingan versi dekstop akan tetap mengacu pada versi mobile-nya.

Jadi, pada dasarnya, semua pencarian yang dilakukan oleh Google merupakan hasil dari pencarian untuk versi mobile. Jika Anda melakukan pencarian dengan menggunakan perangkat dekstop, hasil yang Anda dapatkan merupakan hasil pencarian versi mobile yang telah disesuaikan. Nah, jika website Anda masih versi dekstop, segera optimalkan untuk mobile SEO.

Posting Komentar untuk "4 Alasan Mengapa Harus Mengoptimalkan Mobile SEO"