iklan header

Tutorial Belajar CSS Dasar Untuk Pemula

Tutorial Belajar CSS Dasar Untuk Pemula. Sebagian dari kita para blogger adalah membuat tampilan halaman blog semenarik mungkin, apalagi untuk yang bekerja sebagai Web Designer mungkin sudah sangat mengetahui apa itu CSS dan cara menggunakan CSS.

Kali ini kami akan membahas tentang CSS. CSS biasanya digunakan bersamaan dengan HTML, pada dasarnya CSS lah yang membuat HTML memiliki warna yang hidup dan tidak hambar. Jadi apa itu CSS? Apa kegunaan dari CSS? Yuk simak di bawah ini.

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet, yaitu dokumen web yang dapat mengatur elemen HTML dengan berbagai property sehinggal dapat tampil dengan berbagai gaya yang diinginkan. Dari sebagian orang, CSS tidak termasuk sebagai bahasa pemrograman, karena isi strukturnya hanya berupa aturan yang mengatur tampilan HTML.

tutorial-belajar-css-dasar-untuk-pemula

Dengan CSS anda dapat mengatur tampilan dari file yang berbeda, menentukan style untuk web, dan kemudian dihubungkan file CSS dengan file HTML, dengan begitu HTML lebih bisa dinikmati.

Cara kerja CSS dalam memodifikasi tampilan HTML adalah dengan cara memilih elemen HTML yang akan diatur kemudian diberikan property yang sesuai dengan gaya yang diinginkan untuk ditampilkan. Sebagai contoh:
body{

font-family: Arial;

}
Artinya yang dimodifikasi oleh CSS adalah bagian body HTML, dengan penggunaan font Arial. Dalam memberikan aturan pada elemen HTML, script CSS terdiri atas 3 bagian, yaitu Selector untuk memilih elemen yang akan diberikan aturan, Property yang merupakan aturan yang diberikan aturan, dan Value sebagai nilai dari aturan yang diberikan.

Secara garis besar, CSS digunakan oleh Web Programmer dan para blogger untuk menentukan warna web, tata letak, ukuran font, dan aspek lain untuk memperindah webnya. Karena HTML tanpa CSS seperti teh tanpa gula, Hambar

Selain itu, anda juga harus mengetahui bagaimana cara menulis CSS dan cara menggunakannya untuk blog/web anda.

Penulisan CSS


Ada 3 cara untuk penulisan CSS, yaitu Inline, Internal, dan External. Ketiganya memiliki perbedaan dan penulisannya sesuai dengan kebutuhan. Simak penjelasan dibawah ini.

Inline CSS

Inline CSS adalah metode penulisan CSS dengan menggunakan atribut style langsung yang dituliskan di tag HTML. Cara ini cocok bila digunakan jika CSS yang dipakai hanya sedikit dan bersifat permanen. Kekurangan dalam metode ini adalah akan sulit jika terjadi perubahan desain web.

Internal CSS

Internal CSS adalah metode kedua dalam penulisan CSS dengan menggunakan tag <style>...</style> yang dituliskan di dalam elemen <head>...</head>. Metode ini lebih cocok digunakan jika script CSS hanya diterapkan pada 1 halaman HTML saja. Dan kekurangan menggunakan metode ini tidak dapat digunakan untuk halaman HTML lainnya.

External CSS

Metode terakhir pada penulisan CSS ada External CSS, yaitu metode penulisan CSS yang script CSSnya disimpan diluar script HTML dengan ekstensi *.css, untuk menghubungkan HTML dan CSSnya dengan cara memanggil file CSSnya didalam elemen <head>...</head>. Contoh :
<link rel="stylesheet" href="nama file cssnya .css">

Metode penulisan External CSS adalah yang paling disarankan dibanding metode lainnya. Karena mudah untuk memodifikasi suatu web dan file css dapat digunakan banyak file HTML, dengan cara memanggil file CSS nya seperti diatas.

Sekian artikel tentang pengenalan CSS yang dapat kami berikan, komen dibawah jika ada tanggapan atau anda dapat menghubungi kami dengan klik Contact. Untuk mempelajari HTML, anda dapat klik disini untuk belajar tentang HTML. Kami ucapkan terimakasih, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Belajar CSS Dasar Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel