iklan header

Belajar HTML Dasar Untuk Pemula

Belajar HTML Dasar Untuk Pemula. Jika anda ingin menjadi web design atau ingin mempelajari bagaimana cara membuat website, yaitu salah satunya dengan mempelajari HTML. HTML adalah dasar dari semua web yang sering kita kunjungi di internet. Apasih HTML itu?

belajar-html-dasar-untuk-pemula

Mengenal HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language, yaitu bahasa standar web yang berupa tag-tag untuk menyusun setiap elemen dari website. Disebut hypertext karena didalam HTML kita dapat membuat link untuk berpindah ke halaman lainnya. HTML berperan sebagai penyusun struktur halaman Website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout/desain yang diinginkan.

Cara mudah untuk mengetahui bagaimana HTML adalah dengan mengklik kanan halaman blog, lalu pilih View Page Source. Maka akan tampil sebuah text html dari blog tersebut.

Untuk membuat sebuah web, HTML memang sangat dibutuhkan hanya saja tampilannya begitu hampa. HTML biasanya digunakan bersama CSS (akan kami bahas di artikel lain), yang akan membuat halaman terasa hidup. Selain itu ada bahasa pemrograman lain yang ditujukan untuk membuat web, yaitu seperti PHP dan JavaScript. Tetapi, pemakaian bahasa pemrograman tersebut berada di tingkat lebih tinggi.

Tapi ada satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman, tetapi hanya bahasa markup. Maksud dari bahasa markup adalah struktur HTML yang menggunakan tanda-tanda didalamnya. Dikarenakan dalam bahasa pemrograman lain, terdapat struktur programan boolean (IF) maupun looping. Sedangkan HTML hanya bisa menandai bagian-bagian halaman web saja.

HTML terdiri dari unsur-unsur yang membentuk struktur script HTML yaitu tag, artibut, dan elemen.

Tag HTML

Tag adalah simbol atau tanda (markup) berupa dua karakter "<" dan ">" yang menyisipkan teks sebagai nama tag. Contohnya seperti <head> atau <body>, keduanya adalah tag dengan nama head dan body. Dari sebagian besar tag memiliki tag pembuka dan tag penutup untuk membatasi fungsi dari tag tersebut. Penutup tag hanya menambah tanda "/" setelah tanda "<" atau sebelum nama tag, contoh </head>.

Atribut HTML

Apa itu Atribut? Atribut adalah properti yang mengatur bagaimana elemen dari suatu tag akan ditampilkan. Atribut ditulis di dalam tanda tag setelah nama tag dengan dipisahkan dengan spasi, contoh : <p align="center">. tag p sebagai digunakan untuk paragraf dan "align = center" adalah sebagai atribut.

Element HTML

Element adalah bagian dari script HTML yang terdiri dari tag pembuka, isi script (element) dan tag penutup. Apapun yang anda tulis dibagian element, tulisan itu lah yang akan ditampilkan di web. Misal : 

<p> Blog alvinkannabi.com semakin maju </p>
Yang tertampil di web browser adalah "Blog alvinkannabi.com semakin maju".

Struktur Dasar HTML

HTML dapat disimpan dengan ekstensi *.html, dalam penulisan HTML ada beberapa tag yang wajib dituliskan dengan struktur yang sudah ditentukan. HTML harus menerapkan struktur berikut, yaitu :

<!DOCTYPE HTML>, merupakan tag awal dari setiap dokumen HTML yang akan dibuat, berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen tersebut sedang dibuka dengan dokumen HTML. Tag ini harus dicantumkan di awal penulisan HTML.

<html>...</html>, adalah tag yang menunjukkan pembuka dan penutup dokumen HTML. Tetapi, pada tag ini tidak akan ditampilkan di browser.

<head>...</head>, untuk menyimpan informasi tentang dokumen HTML.

<title>...</title>, sebagai tag yang digunakan untuk membuat judul website, dan

<body>...</body>, dan tag ini yang menunjukkan bagian utama dalam web, semua informasi yang disimpan di tag body akan di tampilkan pada web.

<!DOCTYPE HTML>
<html>
   <head>
      <title> Judul Website Anda </title>
   </head>
   <body>
       Isi Konten Website
   </body>
</html>

Sekian artikel tentang pengenalan HTML yang dapat kami berikan, komen dibawah jika ada tanggapan. Kami ucapkan terimakasih, semoga bermanfaat. Sampai jumpa !

0 Response to "Belajar HTML Dasar Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel