iklan header

7 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Indonesia

Seiring berkembang pesatnya teknologi mungkin para pembuat aplikasi sudah paham dan sudah banyak mempelajari berbagai bahasa pemrograman. Sayangnya, seorang programmer tidak dapat menggunakan semua bahasa pemrograman yang ada karena terbatasnya skill, dan biasanya seorang programmer memilih beberapa bahasa pemrograman yang akan dijadikan sebagai pilihan utama. Secara garis besar, Bahasa Pemrograman dapat kita sebut sebagai bahasa komputer. Bahasa Pemrograman adalah sebuah instruksi dasar untuk dapat memerintahkan komputer yang sedang digunakan.

Bahasa dibuat untuk dapat berkomunikasi, hampir sama dengan bahasa pemrograman. Semua yang anda lakukan dalam melakukan perintah dikomputer atau handphone karena intruksi yang telah ditulis dalam barisan kode. Barisan-barisan kode itu lah yang dibuat oleh para programmer.

7-Bahasa-Pemrograman-Paling-Populer-di-indonesia

Selain jumlah bahasa pemrograman yang begitu banyak, bahasa pemrograman juga dibedakan menjadi 3 tingkatan level, yaitu low, mid, dan high. Maksud dari tingkatan itu untuk membedakan kesulitan dalam penggunaan bahasa pemrograman tersebut.

Bahasa Pemrograman Rendah (Low)
Bahasa pemrograman rendah adalah bahasa yang sangat sulit dimengerti. Karena langsung di konversi kedalam bahasa mesin yang berupa kode biner, maka dari itu, pada bahasa pemrograman tingkat ini sudah mulai jarang digunakan karena selain sulit untuk digunakan juga sering mengalami kesalahan-kesalahan.

Bahasa Pemrgoraman Menengah (Middle)
Pada tingkatan ini bahasa pemrograman sudah mulai dapat menggunakan bahasa sehari-hari walaupun kadang masih sulit untuk dimengerti. Perintah-perintahnya biasanya menggunakan bahasa assembly (rakitan), dimana bahasa assembly cenderung berupa singkatan seperti MOV yang berarti MOVE.

Bahasa Pemrograman Tinggi (High)
Bahasa tingkatan tinggi sudah sangat terstruktur dengan baik, mudah dimengerti karena sudah menggunakan bahasa sehari-hari (Bahasa Inggris). Jadi, semakin tinggi tingkat bahasa pemrograman semakin mudah dimengerti untuk dipahami dan dipelajari, dan sebaliknya pula semakin rendah bahasa pemrograman maka semakin sulit untuk dipahami. Apa saja bahasa-bahasa pemrgoraman yang termasuk tingkat tinggi? Kami akan berikan 7 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Indonesia, yuk disimak artikel ini sampai selesai !

Bahasa Pemrograman Paling Populer di Indonesia

   1. Bahasa Pemrograman Java
Bahasa Pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan oleh banyak orang di Indonesia, bahkan dunia. Java memang bahasa yang populer sejak tahun 2015, dan Java sendiri sudah tidak asing di telinga para programmer. Dibuat oleh James Gosling yang dirilis 1995. Saat ini Java merupakan bagian dari Oracle.

   2. Bahasa Pemrograman C
Bahasa Pemrograman C merupakan bahasa pemrograman populer di Indonesia karena hampir sebagian lembaga pendidikan maupun perguruan tinggi menggunakan bahasa C sebagai pengenalan bahasa pemrograman sebelum menggunakan bahasa lain. Karena bahasa C merupakan dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya, selain itu bahasa C adalah induk dari bahasa pemrograman C++, C#, dan lain-lain.

   3. Bahasa Pemrograman PHP
Bahasa pemrograman yang biasanya digunakan untuk pembuatan serta pengembangan sebuah situs website, PHP mudah dipahami karena memiliki banyak referensi dan mudah dikembangkan oleh developer. Pertama kali rilis pada tahun 1994 diciptakan oleh Rasmus Lerdorf.

   4. Bahasa Pemrograman Phyton
Bahasa Pemrograman Phyton adalah salah satu pemrograman yang dapat membangun aplikasi berupa web maupun mobile, Phyton dapat dibilang mudah digunakan dan dipahami oleh programmer dan user. Phyton digunakan oleh banyak perusahan besar dalam pengembangan aplikasinya seperti Instagram dan Pinterest. Bahkan pengembang seperti Google menggunakan bahasa pemrograman Phyton.

   5. Bahasa Pemrograman C++
Bahasa Pemrograman C++ adalah perkembangan dari bahasa C. Penulisan pada kedua bahasa pemrograman tersebut hampir sama, meski keduanya memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Bahwa bahasa pemrograman C++ berorientasi objek atau Object Oriented Programming (OOP) sedangkan bahasa pemrograman C merupakan bahasa prosedural.

   6. Bahasa Pemrograman C#
Bahasa pemrograman C# yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan .NET Framework. Bahasa Pemrograman C# ini tercipta melalui penggabungan prinsip bahasa C dan C++, dengan beberapa penyederhanaan yang dapat digunakan melalui Visual Basic. Selain itu C# biasanya digunakan dalam pengembangan Video Game.

   7. Bahasa Pemrograman JavaScript
Javascript merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan IT, netscape. salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan pertama kali untuk pengembangan dan pembuatan sebuah website, karena JavaScript dapat mengembangkan sebuah website yang menarik dan user friendly.

Itulah 7 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Indonesia yang dapat kamu pelajari. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu kedepannya untuk menjadi seorang programmer. Semangat terus untuk meraih mimpimu, semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel