iklan header

Apa itu Human Relation ?

Halo semua, udah lama ya saya tidak update lagi. Sekarang saya akan memberikan tulisan baru untuk kamu, karena ini adalah tugas ujian akhir di kampus saya, jadi saya tulis di blog ini. Semoga kalian suka ya. 

Saya akan menulis tentang Human Relation, kita keluar dulu dari pembahasan tentang blog. Sebelumnya, kita ulik dulu Human Relation itu apa sih? Kalo dari terjemahannya kaya hubungan antar manusia ya, oke kita bahas dibawah !

apa-itu-human-relation


Menurut ahli dalam buku berjudul Etika Komunikasi Kantor (1987) karya Wursanto, Human Relation adalah terjemahan kata hubungan kemanusiaan yang bersifat rohaniah dengan memperhatikan aspek-aspek kejiwaan yang ada di diri manusia, misalnya : watak, tingkah laku, sikap, dan aspek lainnya lagi dalam kejiwaan diri manusia.

Sebenarnya, dalam Human Relation tidak akan jauh dari namanya etika dan juga etiket. Seperti etika bersosialisasi misalnya. Apa itu etika? dan apa perbedannya dengan etiket?
Etika adalah membicarakan tingkah laku manusia sebagai makhluk sosial dan hubungan interaksinya dengan manusia lain. Sedangkan Etiket adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan.

Jadi, apakah etika bersosialisasi termasuk Human Relation? Ya tentu. Karena dalam bersosialisasi ada hubungan antar manusia di dalamnya. Mari kita bahas Etika bersosialisasi.

Apa yang harus diperhatiikan saat bersosialisasi dengan orang lain? Tentu ada aspek yang harus diperhatikan agar orang lain tidak menganggap kita tak mengetahui etika bersosialisasi yang dimana akan membuat canggung.

Etika yang harus dilakukan saat bersosialisasi :
  • Menjaga perasaan orang lain
  • Memiliki rasa toleransi
  • Menguasai diri, mengendalikan emosi dalam situasi
  • Ingin membantu

Selain itu, ada etika yang harus di hindari ketika bersosialisasi, yaitu :
  • Memotong Pembicaraan
  • Menanyakan masalah pribadi kepada lawan bicara

Selain etika bersosialisasi, saya akan memberikan etika yang lainnya, yaitu etika berbisnis. Bisnis sangat dekat dengan diri kita, dengan kita jual-beli itu sudah termasuk bisnis. Maka dari itu, saya akan memberikan etika berbisnis.

Etika berbisnis adalah Etika terapan dimana wilayan penerapan prinsip moral berada di wilayah tindakan manusia didalam bidan bisnis ekonomi dan memiliki sasaran yang berupa moral pembisnis itu sendiri. (Yosephus)

Apa yang membedakan etika sosial dan etika bisnis? Yang membedakan adalah dalam bisnis, tiap orang memperlakukan semua orang dengan sama dan bertindak sesuai aturan.

Dalam pertemuan bisnis, ada hal yang harus dilakukan yaitu :
  • Berdiri saat bertemu orang lain
  • Senyum sebagai tanda ramah
  • Menatap mata orang lain saat berbicara
  • Jabat tangan dengan sigap
  • Memperkenalkan nama anda dengan jelas
  • Menyebutkan kembali namanya (lawan bicara).

Itu dia etika etika yang harus di perhatikaan saat bersosialisasi dan berbisnis. Kurangnya pada era teknologi ini membuat orang-orang meninggalkan etika-etika tersebut karena lebih mengutamakan berhubungan jarak jauh.

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat untuk kita semua ya. Sampai Jumpa !

Artikel Human Relation (Etika Bersosialisasi dan Etika Berbisnis) ditujukan untuk memenuhi tugas Kecakapan Antar Personal, yang diampu oleh dosen Nuraini, M.Kom. Dari Alvein Mohammad Kannabi dengan NIM 17.11.1433 Informatika-08. Universitas Amikom Yogyakarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel