iklan header

Cara Mengecek dan Memperbaiki Broken Link Blog

Cara Mengecek dan Memperbaiki Broken Link Blog - Terkadang, kita suka menaruh banyak link di postingan blog, mau link internal atau external yang bertujuan untuk mengarahkan visitor ke alamat link yang sudah di tentukan.  Pada masalah ini, link rusak atau broken link terjadi ketika link yang dituju sudah tidak aktif atau menampilkan error 404, akibatnya pengunjung blog anda terhambat untuk mencari informasi dan menjadikan blog anda tidak nyaman bagi pengunjung, karena banyaknya link yang tidak aktif.

Penyebab adanya link rusak atau broken link biasanya alamat artikel yang di tuju sudah di hapus oleh Publisher nya atau link yang di tuju salah, jadi lah link yang di tautkan tidak aktif atau error tidak dapat di akses. Tentu saja untuk kita para Publisher sangat menghindari kejadian tersebut terjadi di blog kita.

Cara-Mengecek-dan-Memperbaiki-Broken-Link-Blog
Freepik
Pada artikel ini, saya akan memberikan cara mengecek dan memperbaiki broken link yang kemungkinan ada di blog kita, dan bila memang ada broken link di blog anda, maka kita akan memperbaiki linknya atau dengan menghapus link yang rusak. Bagaimana cara kita mengetahui adanya link rusak atau broken link ?


Cara Mengecek Broken Link

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek broken link, silahkan di baca tutorial berikut:

1. Silahkan anda buka situs online brokenlinkcheck.com, situs ini gratis.

2.Masukkan link/url blog anda yang ingin di cek dalam kotak yang tersedia, lalu klik Find Broken Links.

Cara-Mengecek-dan-Memperbaiki-Broken-Link-Blog


3. Lalu anda akan diarah kan ke halaman Broken Checker yang lain untuk mengisi security code, lalu ada dua opsi. Pertama, Broken Checker hanya akan melaporkan link yang rusak saja. Kedua, Broken Checker akan melaporkan semua tautan yang mati. Silahkan anda pilih sesuai keinginan anda. Bila sudah, klik Find Broken Link Now. 

Cara-Mengecek-dan-Memperbaiki-Broken-Link-Blog

4. Lalu, Broken Checker akan mulai memproses pencarian link rusak / broken link pada blog anda, kecepatan pencarian tergantung dari seberapa banyak link blog anda.

5. Jika proses pencarian sudah selesai, Broken Checker akan menampilkan beberapa link yang bermasalah (Bila ada). Pencarian link selesai.

Cara-Mengecek-dan-Memperbaiki-Broken-Link-Blog

Setelah anda tau jika ada link rusak / broken link di blog anda, lalu bagaimana cara mengatasi link yang rusak tersebut ?

Cara memperbaiki Broken Link blog

1. Dari hasil pencarian barusan, anda dapat melihat url blog anda yang rusak. Dapat anda cek.

2. Dari kolom pencarian yang terdapat link rusak/broken link, anda klik Src untuk mengetahui lebih detil, dimana letak link yang rusak tersebut. Jika anda klik Url, maka anda akan di arahkan ke halaman blog yang terdapat link rusak / Broken link tadi.

Cara-Mengecek-dan-Memperbaiki-Broken-Link-Blog

Lebih baik jika anda memperbaiki link rusak tersebut secepat mungkin, karena akan berakibat pada SEO blog, selain pengunjung, SEO blog anda juga akan terhambat.

Seperti contoh saya, blog saya ada link rusak / broken link, maka mencari tau dimana letak kesalahan link itu. Maka klik Src untuk melihat detilnya. Dan ternyata, kesalahan link yang ada di blog saya terdapat di dalam postingan blog yang saya taruh. Lalu perbaiki link tersebut.

Selain perbaiki, anda juga dapat menghapus link rusaknya agar tidak tidak ada link yang menghambat pengunjung lagi. Silahkan anda praktekan pada blog anda.

Semoga artikel ini dapat menyelesaikan permasalahan blog anda. Demikian artikel Cara mengecek dan memperbaiki broken link blog, semoga bermanfaat dan sampai jumpa !




- Alvin; 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel