iklan header

Perbedaan Blog dan Website

Jelaskan perbedaan blog dan website - Pasti banyak dari kamu yang masih bingung dengan perbedaan blog dan website kan, saya juga sempat bingung. Bahkan ada orang yang belum mengerti dari keduanya. Jika kamu belum mengerti, kamu tepat membaca artikel ini, saya akan membahas tentang perbedaan blog dan website.

Buat kamu yang beranggapan bahwa website dan blog itu sama adalah salah. Bukan salah sih, hanya kurang tepat, karena blog ya blog dan website ya website. Maksudnya gimana?

Pengertian dari blog itu sendiri adalah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat pada sebuah halaman web. Pengertian tersebut saya kutip dari wikipedia. Sedangkan website adalah sebuah halaman web yang saling berhubungan  dan saling terkait yang di sajikan dalam satu domain (Secara perorangan, kelompok, maupun organisasi).

Kita bahas lebih lanjut Perbedaan Blog dan Website



    1. Dari segi konten

Dalam konten blog dapat berisikan macam-macam konten berupa artikel. Artikel-artikel ini berupa pembahasan Tips & Trik, tutorial, fashion, teknologi, dan masih banyak lagi, pembahasan artikel/konten blog memiliki ruang lingkup yang luas dengan tidak terikat pada satu pembahasan saja. Dilihat dari segi pemaparannya, blog seperti sebuah majalah digital/online yang memberikan informasi lengkap dan terupdate untuk dinikmati para pembaca setiap harinya. Lain halnya dengan website yang hanya diwakilkan oleh satu produk dan satu teknologi yang sama. Konten dalam website sangat terikat, yang dimana tidak dapat memberikan konten yang lainnya.

Bisa dilihat dari halaman utamanya, sebuah blog akan menyajikan di dalam halaman utamanya (homepage) pilihan-pilihan artikel dari terbaru sampai yang sudah larut.




    2. Berdasarkan Bahasa Pemrograman

Untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia blog, jangan takut, jangan khawatir apabila mendengar tentang koding di blog. Bahwasanya blog tidak begitu memerlukan pemahaman bahasa program yang begitu jauh, beda dengan halnya website yang harus memerlukan penguasaan bahasa pemrograman untuk dapat memanagenya. 
Karena website dibangun secara manual menggunakan bahasa pemprograman HTML, CSS, PHP, Javascript, dan sebagainya.

    3. Gaya Bahasa dan Penulisan

Dari gaya bahasa dan penulisan, kita bisa melihat perbedaan blog dan website. Karena blog biasanya tidak mementingkan gaya bahasa dan penulisan yang formal, blog hanya butuh penggunaan bahasa sehari-harinya saja. Banyak dari postingan saya yang ada penulisan 'asik sendiri'.

Berbeda dengan website yang menggunakan gaya bahasa dan penulisan yang terstruktur yang cenderung formal. Seperti 'anda', itu sangat formal bukan? Jadi, penggunaan penulisan formal juga dapat dipahami oleh banyak kalangan dibanding dengan penulisan blog.

    4.  Kepentingan atau Tujuan

Dilihat dari kepentingan dan tujuan dari blog dan website, kamu juga sudah dapat membedakan. Blog lebih banyak di gunakan kepentingan pribadi, seperti untuk yang hobi menulis, curhat, monetasi juga mungkin untuk mencari keuntungan di sela-sela hobi. Sedangkan website digunakan sebagai sarana komersil produk, dan menampilkan profil perusahaan itu sendiri. Ini berkaitan dengan adanya gaya bahasa dan penulisan.

    5. Biaya

Kalo soal biaya, blog lebih unggul dibanding website. Ya, karena membuat blog tidak memerlukan selembar uang, alias membuat blog itu gratis. Banyak subdomain untuk membuat blog seperti blogspot.com dan WordPress.com, dan lainnya. Tapi banyak diantara blog yang di upgrade dengan domain dan hosting berbayar.

Jika kamu ingin membuat website, setidaknya kamu harus memiliki budget yang tidak sedikit, karena kamu harus membeli domain dan sewa hosting perbulan atau pertahun, kemudian kamu harus install yang lain-lain dalam website itu sendiri.

Bagaimana sekarang? Apakah kamu sudah tau perbedaan blog dan website? Semoga tidak ada kesalahpahaman lagi di antara kita ya untuk membedakan apa itu blog dan apa itu website, yang bisa dilihat dari perbedaannya sendiri itu banyak yang berbeda, dan bahkan sangat berbeda.

Mungkin, sampai sini penjelasan saya tentan Perbedaan Blog dan Website, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa !









- Alvin; 2019

0 Response to "Perbedaan Blog dan Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel