iklan header

Cara pasang iklan gratis di blog dan menghasilkan uang


Banyak dari temen saya yang nanya, cara masang iklan blog gimana sih? kok ada bisa ada iklan blog? Contohnya seperti di blog alvinkannabi.com, ada beberapa iklan yang tayang. Seperti di header blog, sidebar, di tengah postingan juga, dan di bawah blog. Iklan yang tayang bisa kamu atur tempatnya dan ukuran iklan itu sendiri.

Kalo membahas iklan blog yang di pikirin pasti dapet duit. Iya bener, tapi ga gampang buat dapetin duit itu. Selain dari iklan dengan cpc yang tinggi, kamu juga harus punya visitor yang banyak bukan buat iklan itu muncul. Jadi harus sinkron di keduanya, kalo cuma punya iklan tapi gaada visitor gimana? Sepi-sepi anyep, gaada kenaikan dari hasil iklan blogmu.


Baca Juga : Pajak untuk Google Adsense

Iklan blog yang ada di blog alvinkannabi.com semuanya berasal dari Google Adsense seperti kebanyakan blogger-blogger lain, yang (hampir) semuanya pake iklan Adsense, karena mudah pasangnya.

Cara pasang iklan di Blogspot :


Sebelum kamu masang iklan ke blog langsung, kamu harus punya setidaknya Google Adsense Publisher. Biar kamu dapet kode iklan dari Googlenya itu sendiri, kenapa sih banyak yang pake iklan dari Google? Ya karena mudah aja, Google bakal cariin pengiklan yang cocok di blogmu, itu kelebihan dari Google Adsense. 

Terus, gimana cara pasang iklan di Blog?






  • Lalu, kamu pilih iklan sesuai yang kamu mau



  • Terus kamu atur iklannya sesuai selera





  • Setelah itu kamu klik ok/selesai, dan kamu bakal dapet kode iklannya.
  • Kamu cari code <data:post.body/>, biasanya di setiap template berbeda-beda dari banyaknya data post body tersebut. Setelah ketemu, kamu ganti <data:post.body/> dengan kode ini :
<div expr:id='"iklan1" + data:post.id'></div> <div style="clear:both; margin:10px 0"> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> Letakan kode iklan di sini </b:if></div><div expr:id='"iklan2" + data:post.id'><data:post.body/></div><script type="text/javascript">var obj0=document.getElementById("iklan1<data:post.id/>");var obj1=document.getElementById("iklan2<data:post.id/>");var s=obj1.innerHTML;var t=s.substr(0,s.length/2);var r=t.lastIndexOf(" ");if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}</script>



  • Isi kode iklanmu di tulisan warna merah, setelah itu kamu simpan. Tunggu beberapa saat untuk Google Adsense mengaktifkan iklanmu.


Ga susah susah banget kan buat pasang iklan di blog, atau mungkin ada yang mau ngiklan di blogmu, itu bisa ! 

Loh, emangnya masih ada iklan lain selain ini? Tentu ada dong, Internet marketing sangat luas. Kamu bisa menggunakannya sewaktu-waktu.

Macam-macam iklan untuk Blog :


1. Iklan PPC (Pay per Click)

Nah, ini iklan yang di pake Google Adsense. Makanya tadi saya bilang harus sinkron dengan visitor, karena iklan ini akan membayarmu jika ada visitor (bukan kamu) yang ngeklik iklan tersebut. Jadi, banyak blogger yang naruh iklan di posisi strategis, bisa juga itu sebagai jebakan batman.

2. Iklan CPM (Cost per Mille)

Iklan ini merupakan yang dipakai oleh banyak blog yang sudah ramai pengunjung. Karena iklan ini akan membayarmu per 1000 pageviews. Makanya ini iklan sangat berpotensi buat blog-blog yang trafficnya sudah ramai pengunjung. Kaya dufan. Rame kan. Hehe.

3. Iklan PPD (Pay per Download)

Ini iklan udah banyak di pake sama blog-blog download (Lha iyadong namanya pay per download). Sama seperti cpm, iklan ppd ini akan membayar per 1000 download. Seperti halnya Tusfiles kalo kamu suka download game. Itu salah satu iklan PPD.

4. Iklan Affiliate

Salah satu jenis iklan yang digunakan oleh banyak blog/pebisnis. Dimana iklan ini membayarmu ketika ada pengunjung yang melakukan transaksi pembelian melalui link Affiliasi ini. Banyak yang menggunakan iklan ini karena mutualisme, karena sebagai pengiklan, mereka dapat komisi dari penjualan affiliasi mereka. Seperti misalnya Lazada.

Untuk mendapatkan kode iklan untuk blog sudah ada di atas ya, silahkan dilihat kembali Cara pasang iklan di Blogspot di atas.
Demikian postingan tentang iklan blog, semoga bermanfaat. 







- Alvin; 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel