iklan header

Cara Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog di Blogger - Cara membuat blog di Blogger sebetulnya tidak sulit. Banyak orang membuat blog bertujuan untuk menceritakan kehidupannya, ada juga yang share tentang segala hal, hingga monetize blog itu. Blog sama seperti media sosial, kamu menulis sesuatu dan dibaca oleh orang lain, bedanya adalah Blog langsung memperlihatkan tulisan kamu ke Dunia, tulisan kamu bisa langsung dilihat oleh orang asing, jadi saya sarankan buatlah tulisan yang bermanfaat ya.

Sebelumnya, masih banyak yang bingung perbedaan Blogger dan Blogspot, apasih?

Blogger adalah mediumnya atau layanannya, sedangkan Blogspot adalah nama domain defaultnya, maksud default adalah domain yang di gunakan langsung oleh Blogspot untuk pencarian alamat blogmu. Seperti misalnya : namakamu.blogspot.com.




Kok ada yang gapake blogspot ?

Itu namanya blog dia pake domain TLD (Top Level Domain), kaya blog ini, saya pake TLD. Kalo kamu mau pake TLD, silahkan beli domainnya disini : Dewaweb.com

Kenapa harus blogger?

Sekarang ini, ada banyak platform untuk membuat Blog. Jadi, kembali lagi ke kamu, membuat blog sesuai keinginan kamu ya. 

Ada 3 platform yang paling banyak di gunakan, yaitu :

1. Blogger, ini yang sedang di tulis sekarang ini, cara membuat blog di Blogger.
2. WordPress.com
3. WordPress.org

Sebenarnya masih ada banyak platform lainnya, tapi saya hanya memberikan 3 contoh saja, kamu bisa cari platform yang lainnya.

Saya yakin, kamu pasti udah tau cara pertama membuat blog ini, tapi gapapa buat yang belum tau, saya akan memberikan tutorial dari awal sekali, jadi kamu tidak usah khawatir ya. 

Sekarang, kita lanjut tutorialnya, tanpa basa-basi lagi kita lanjut :

1. Yang pertama, kamu buka halaman web blogger (Blogger.com), setelah kamu masuk web blogger, kamu akan melihat halaman tampilan seperti ini :

Cara-Membuat-Blog-Gratis-di-Blogger

Kamu klik saja Create Your Blog !

2. Lalu kamu akan dimintai untuk Login ke akun Googlemu, silahkan Login untuk yang sudah mempunyai akun Google. Dan yang belum, silahkan pilih Sign Up/Buat akun.

Cara-Membuat-Blog-Gratis-di-Blogger
Kamu isikan data form yang ada, lalu klik berikutnya.


3. Untuk lanjutan pembuatan Gmail, kamu bisa melanjutkannya sendiri, hanya mengisikan data diri dan lainnya. Saya akan skip bagian Gmail.

4. Setelah kamu masuk ke halaman blogger, kamu akan langsung diminta untuk mengisi pembuatan blogmu. Isikan judul Blogmu, dan alamat blog yang ingin kamu gunakan. Setelah itu pilih tema sesuai yang kamu suka.

Cara-Membuat-Blog-Gratis-di-Blogger


Jika tidak tampil pembuatan blog baru, kamu bisa klik Blog Baru di bagian kanan atas, tepat dibawah nama Blogger.

Cara-Membuat-Blog-Gratis-di-Blogger


5. Selamat ! Blog kamu sudah berhasil dibuat.

6. Sekarang, kamu klik entri baru untuk membuat tulisan pertama kamu, kamu bisa menambahkan gambar di postingannya. Menulis artikel blog mirip seperti kamu menulis di Ms.Word, semuanya bisa kamu atur langsung di Blog. Untuk fungsi keseluruhan dari Dashboard, silahkan kamu menjelajah untuk mengetahui lebih dalam.

Cara-Membuat-Blog-Gratis-di-Blogger


7. Jika sudah selesai, klik tombol Publikasikan/Publish, setelah klik tombol tersebut, kamu akan di kembalikan ke dashboard Blogger. Untuk melihat tulisannya, klik tombol lihat blog. 


8. Kamu akan melihat hasil blogmu, mudah kan?

Artikel Terkait : Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat di Terima

Untuk menggunakan domain tld, saya akan menshare caranya di artikel lain.
Itu dia tutorial cara membuat blog di Blogger, mohon maaf jika ada salah kata dan masih belum dimengerti dari pembahasan di atas. Sekian dari saya cara membuat blog di Blogger, semoga bermanfaat. Sampai jumpa !







- Alvin; 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel